PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Suharyani, Lina Ari (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Lina Ari Suharyani 21550020.pdf] Text
Lina Ari Suharyani 21550020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah karakteristik,
validitas, kepraktisan dan efektifitas perangkat pembelajaran berorientasi ESD
pada Materi Perubahan Lingkungan untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir
Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
memperoleh perangkat pembelajaran yang mempunyai karakteristik valid, praktis
dan efektif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2
Mranggen, sampel pada uji coba skala kecil sebanyak 15 dan uji coba skala luas
sebanyak 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan
dengan model ADDIE. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jenis desain yang
digunakan peneliti adalah one group pre-test-post-test design. Berdasarkan hasil
uji validitas dari ahli pedagogi untuk ATP sebesar 90%, Modul Ajar sebesar
92%, Bahan Ajar sebesar 84% dan LKS sebesar 89%. Dari ahli instrumen untuk
validitas Soal Keterampilan Berpikir Kritis sebesar 82% dan Soal Hasil Belajar
sebesar 88%. Hasil uji reliabilitas dengan metode Cronbach’s didapatkan hasil
0,739 dengan tingkat keandalan sedang. Kepraktisan perangkat pembelajaran
dilihat dari hasil observasi guru mencapai 92 % pada uji coba skala kecil dan 98
% pada uji coba skala luas. Dari angket respon siswa didapat nilai rata-rata 86,5
dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk keefektifan dari uji N-gain
menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis sebesar 0,66
dengan kategori efektifitas sedang dan hasil belajar sebesar 0,59 dengan kategori
efektifitas sedang. Kesimpulan dari penelitian dihasilkannyapengembangan
perangkat pembelajaran, perangkat pembelajaran mempunyai karakteristik ESD
yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis
dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran berorientasi ESD, keterampilan berpikir
kritis dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:41
Last Modified: 08 Jan 2024 07:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item
View Item