Syarifuddin, Naufal (2023) MISKONSEPSI SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG DITINJAU DARI KECERDASAN GANDA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Naufal Syarifuddin 19310093.pdf
Download (1MB)
Abstract
i mereka untuk belajar sesuai dengan minat, talenta dan kebutuhannya. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa dalam
mempelajari materi bangun ruang ditinjau dari kecerdasan ganda. Penelitian ini
dilakukan di SMP Teuku Umar Semarang tahun 2023/2024 yang berjumlah 6
siswa yaitu 2 siswa dengan kecerdasan interpersonal, 2 siswa dengan kecerdasan
intrapersonal, dan 2 siswa dengan kecerdasan naturalistik. Teknik pengumpulan
data yang digunakan oleh peneliti adalah angket, tes tertulis, dan tes wawancara.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik Pengecekan
Keabsahan Data yang digunakan yaitu menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil
Penelitian menunjukkan bahwa dalam kelas IX yang saya lakukan penelitian di
SMP Teuku Umar Semarang kecerdasan interpersonal dan kecerdasan naturalistik
mengalami miskonsepsi klasifikasional, korelasional, dan miskonsepsi teoritikal.
Sedangkan kecerdasaan intrapersonal hanya mengalami miskonsepsi teoritikal.
Data kecerdasan ganda diambil dari penyebaran angket sedangkan data
miskonsepsi didapat dari tes tertulis dan tes wawancara. Kesimpulan yang didapat
yaitu (1) Siswa dengan kecerdasan intrapersonal mengalami sedikit miskonsepsi
dibandingkan dengan kecerdasan interpersonal dan naturalistik. (2) Siswa dengan
kecerdasan naturalistik dominan mengalami miskonsepsi klasifikasional. (3)
Siswa dengan kecerdasan interpersonal mengalami semua jenis miskonsepsi yaitu
miskonsepsi klasifikasional, korelasional, dan teoritikal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:39 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:39 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/592 |