Syurroyya, Nadya Innas (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Nadya Innas Syurroyya 19310015.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kemampuan literasi
matematika dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Juwana. Jenis penelitian ini kualitatif
dengan deskriptif eksploratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXJ SMP
Negeri 1 Juwana tahun ajaran 2023/2024 berjumlah 2 siswa dengan rincian 1
siswa dengan kognitif reflektif dan 1 siswa dengan gaya kognitif impulsif.
Pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes MFFT, tes tertulis, dan wawancara.
Teknik analisis data yang dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan
triangulasi waktu yaitu dilakukan dengan cara mengecek data dari sumber yang
sama dan waktu yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya kognitif reflektif dapat
memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi matematika diantaranya:
merumuskan (formulate), menerapkan (employ), dan menafsirkan (Interprete).
Kemampuan literasi matematika siswa dengan gaya kognitif impulsif hanya
mampu memenuhi dua indikator literasi matematika diantaranya: merumuskan
(formulate), dan menerapkan (employ).
Kata kunci: literasi matematika, gaya kognitif, penyelesaian masalah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:36 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/590 |