PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA

KRISTIYANI, KRISTIYANI (2023) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI GURU TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN WELAHAN KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of KRISTIYAN  20510202.pdf] Text
KRISTIYAN 20510202.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Profesionalisme guru dapat diketahui dari cara guru dalam mengelola proses
pembelajaran dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran..
Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) mengetahui besarnya pengaruh supervisi
akademik terhadap profesionalisme guru, 2) mengetahui besarnya pengaruh
motivasi guru terhadap profesionalisme guru, dan 3) mengetahui besarnya
pengaruh supervisi akademik dan motivasi guru secara bersama-sama terhadap
profesionalisme guru.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini 349 guru dan sampel
penelitian 186 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi
regresi linier sederhana dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) korelasi antara supervisi akademik
terhadap profesionalisme guru sebasar 0.862. Pengaruh supervisi akademik
terhadap profesionalisme guru sebesar 74,3 %. 2) Korelasi antara motivasi guru
terhadap profesionalisme guru sebasar 0.911. Pengaruh disiplin kerja terhadap
profesionalisme guru sebesar 82,9 %. 3) Korelasi antara supervisi akademik dan
motivasi guru terhadap profesionalisme guru sebasar 0.915. Pengaruh supervisi
akademik dan motivasi guru terhadap profesionalisme guru sebesar 83,7 %.
Simpulan penelitian ini adalah supervisi akademik dan motivasi guru terhadap
profesionalisme guru sebesar 0,837 atau 83,7%.
Penulis menyarankan agar kepala sekolah melakukan pembinaan dan
pengarahan terhadap guru terutama agar dapat meningkatkan dan
mengembangkan pembelajaran, kemudian guru juga dapat mengikuti pelatihan
dan seminar agar dapat meningkatkan kompetensi yang nantinya profesionalisme
guru dapat meningkat.
Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Supervisi Akademik, Motivasi Guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:32
Last Modified: 08 Jan 2024 07:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item
View Item