Untoro, Joko (2023) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
JOKO UNTORO 21510098.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Profesionalisme guru dapat diketahui dari cara guru dalam mengelola proses
pembelajaran dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) mengetahui besarnya pengaruh supervisi
akademik terhadap profesionalisme guru, 2) mengetahui besarnya pengaruh
motivasi kerja guru terhadap profesionalisme guru, dan 3) mengetahui besarnya
pengaruh supervisi akademik dan motivasi kerja guru secara bersama-sama
terhadap profesionalisme guru.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini
menggunakan penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini 230 guru dan sampel
penelitian 146 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji
multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi
regresi linier sederhana dan berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) korelasi antara supervisi akademik
terhadap profesionalisme guru sebasar 0.876. Pengaruh supervisi akademik
terhadap profesionalisme guru sebesar 76,8 %, (2) Korelasi antara motivasi kerja
guru terhadap profesionalisme guru sebasar 0.956. Pengaruh motivasi kerja guru
terhadap profesionalisme guru sebesar 92,1 %, (3) Korelasi antara supervisi
akademik dan motivasi kerja guru terhadap profesionalisme guru sebasar 0.960.
Pengaruh supervisi akademik dan motivasi kerja guru terhadap profesionalisme
guru sebesar 0,921 atau 92,1 %.
Simpulan penelitian ini adalah pengaruh supervisi akademik dan motivasi
kerja guru terhadap profesionalisme guru sebesar 92,1%. Penulis menyarankan
agar kepala sekolah melakukan pembinaan dan pengarahan terhadap guru
terutama agar dapat meningkatkan dan mengembangkan pembelajaran, kemudian
guru juga dapat mengikuti pelatihan dan seminar agar dapat meningkatkan
kompetensi yang nantinya profesionalisme guru dapat meningkat.
Kata Kunci: Profesionalisme Guru, Supervisi Akademik, Motivasi kerja guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:26 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/575 |