PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD NEGERI KUBANGPARI 02 KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES

JALALUDIN, JALALUDIN (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SD NEGERI KUBANGPARI 02 KECAMATAN KERSANA KABUPATEN BREBES. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of JALALUDIN 21510068.pdf] Text
JALALUDIN 21510068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu masalah urgen dan
dipandang perlu untuk mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius dari
berbagai pihak yang terkait. Hal ini berhubungan erat dengan kepemimpinan dan
manajemen sekolah. Selain itu, di dalam meningkatkan mutu pendidikan harus
memperhatikan seluruh aspek di suatu sekolah baik Input, proses, maupun
Outputnya. Mutu pendidikan dipandang perlu untuk mengadakan pembenahan
dan perubahan di berbagai sektor di antaranya kepemimpinan dan manajemen.
Keberhasilan suatu sekolah hanya akan mampu dijalankan manajemen yang
efektif, manajemen yang efektif hanya dapat dijalankan oleh kepemimpinan yang
profesional. Hal-hal yang perlu dilakukan oleh pemimpin sebagai manajer yaitu:
merencanakan dan mengevaluasi, mengorganisasikan, pengarahan dan
pengawasan, dan monitoring evaluasi yang berkesinambungan untuk aksi
selanjutnya.
Penelitian ini mendiskripsikan tentang peran kepala sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah yang
diterapkan di SD Negeri Kubangpari 02 Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes
dengan rumusan masalah penelitiannya: Bagaimana peranan kepemimpinan
dalam meningkatkan mutu pendidikan, Bagaimanakah Manajemen kepala sekolah
dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah, Apa
faktor-faktor yang mendukung dan kendala dalam meningkatkan mutu pendidikan
melalui Manajemen Berbasis Sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
fenomenologic naturalistic. Data penelitian diperoleh dengan teknik pengamatan
terlibat, wawancara mendalam dan dokumentasi. Key informan dalam penelitian
ini, Kepala Sekolah dan guru
Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan, Manajemen Berbasis
Sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:23
Last Modified: 08 Jan 2024 07:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item
View Item