PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 RANDUBLATUNG

Choirunnisa, Alvina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 RANDUBLATUNG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Alvina Choirunnisa 19310103.pdf] Text
Alvina Choirunnisa 19310103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model
Pembelajaran Project Based Learning berbasis STEAM terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa dan untuk mengetahui apakah ada perbedaan nilai rata-rata
pada kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini dilakukan karena kemampuan
berpikir kritis siswa di Indonesia masih rendah. Model pembelajaran Project Based
Learning berbasis STEAM menjadi salah satu solusi untuk mengasah kemampuan
berpikir kritis dimana di dalamnya terdapat Engineering Design Process (EDP)
yang dalam prosesnya siswa diajarkan untuk learning by doing. Penelitian ini
termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experimental Design. Desain
penelitian yang digunakan ialah Pre-test Post-test Control Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 1
Randublatung tahun ajaran 2023/2024. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VII
B yang berjumlah 25 siswa dan kelas VII D yang berjumlah 21 siswa yang diambil
dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan memberikan tes tertulis dan pe.
Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Terdapat pengaruh kemampuan
berpikir kritis siswa pada pembelajaran dengan model Project Based Learning
berbasis STEAM. (2) Perbedaan nilai rata – rata kemampuan berpikir kritis siswa
pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning berbasis STEAM lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan
model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Pengaruh, Project Based Learning, STEAM, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 03:56
Last Modified: 03 Jan 2024 03:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/57

Actions (login required)

View Item
View Item