Rilowati, Isti (2023) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, BUDAYA KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Isti Rilowati 21510136.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan
rendahnya profesionalisme guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban
Kabupaten Blora. Faktor yang memengaruhi profesionalisme guru diantaranya
adalah supervisi akademik, budaya kerja dan kepuasan kerja.Tujuan penelitian ini
adalah mengehaui pengaruh supervisi akademik, budaya kerja dan kepuasan kerja
terhadap profesionalisme guru sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban
Kabupaten Blora.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah
sampel penelitian adalah 159 guru. Uji prasyarat analisis penelitian ini meliputi
analisis uji normalitas, uji liniearitas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas.
Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh supervisi akademik terhadap
profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 20,724 +
0,757X., kekuatan korelasi sebesar 0,751 dengan pengaruh sebesar 56,4%; (2)
terdapat pengaruh budaya kerja terhadap profesionalisme guru yang dinyatakan
dengan persamaan regresi Y = 21,367 + 0,833X, kekuatan korelasi sebesar 0,765
dengan pengaruh sebesar 58,5%; (3) terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap
profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 18,210 +
0,835X, kekuatan korelasi sebesar 0,797 dengan pengaruh sebesar 63,5%; dan (4)
terdapat pengaruh supervisi akademik, budaya kerja, dan kepuasan kerja terhadap
profesionalisme guru yang dinyatakan dengan persamaan regresi Y = 12,968 +
0,218X1 + 0,170X2 + 0,491X3, kekuatan korelasi sebesar 0,810 dengan pengaruh
sebesar 64,9%.
Saran dari peneliti adalah : (1) melaksanakan pendidikan dan pelatihan
untuk meningkatkan profesionalisme guru; (2) melaksanakan pembinaan kepala
sekolah dalam melaksanakan supervisi; (3) memotivasi guru agar mempunyai
budaya kerja yang baik; dan (4) melaksanakan kebijakan peningkatan
kesejahretaan untuk meningkatkan kepuasan kerja.
Kata kunci : profesionalisme guru, supervisi akademik, budaya kerja, kepuasan
kerja
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 07:19 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 07:19 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/566 |