PENINGKATAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 TROSOBO KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

YULIANTO, YULIANTO (2024) PENINGKATAN KOMPETENSI MENGIDENTIFIKASI CARA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CTL PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 TROSOBO KECAMATAN SAMBI KABUPATEN BOYOLALI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of YULIANTO.pdf] Text
YULIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Yulianto,Peningkatan Kompetensi Mengidentifikasi Cara Perkembangbiakan
Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran CTL pada Siswa Kelas VI SD
Negeri 1 Trosobo Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Semester 2 Tahun
Pelajaran 2021/2022
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam
mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan melalui model pembelajaran
CTL pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Trosobo 2021/2022. Penelitian tindakan
kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam 2
pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas VI SD
Negeri 1 Trosobo 2021/2022 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini
menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data
penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam
dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan melalui empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam
penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri 1 Trosobo Kecamatan Sambi
kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah 15 siswa yang
terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.
Data yang diperoleh penelitian ini menunjukkan peningkatan kompetensi
siswa dalam mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan pada setiap siklus.
Data dari hasil pratindakan yaitu sedikit yang tuntas KKM, Pada Siklus I rerata
vii
kelas terjadi peningkatan menjadi 70,67 dengan ketuntasan klasikal 73,33%, dan
di siklus II rerata kelas meningkat lagi menjadi 83,33 dengan ketuntasan klasikal
80 %.Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran CTL dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam mengidentifikasi
cara perkembangbiakan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Oct 2024 07:33
Last Modified: 14 Oct 2024 07:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item
View Item