Wicaksono, Yoga Azhari (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Yoga Azhari Wicaksono.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik
dalam memecahkan masalah aritmatika sosial ditinjau dari gaya kognitif reflektif
dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian
ini dilakukan di MTs MA’ARIF NU 09 Kutawis. Subjek penelitian dipilih
berdasarkan hasil tes MFFT (Matching Familiar Figures Test) dari 23 peserta
didik kelas VIII C, dipilih 2 peserta didik dengan satu subjek dengan gaya kognitif
reflektif dan satu subjek dengan gaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Pada teknik analisis data
dilakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukan bahwa 1) Subjek dengan kategori gaya kognitif reflektif
mampu memenuhi semua indikator berpikir kritis diantaranya interpretasi,
analisis, evaluasi, dan inferensi 2) Subjek dengan kategori gaya kognitif impulsif
belum memenuhi semua indikator berpikir kritis diantaranya interpretasi, analisis,
evaluasi, dan inferensi. 3) Subjek dengan gaya kognitif reflektif tidak ada
hambatan dalam berpikir kritis, sedangkan subjek dengan gaya kognitif impulsif
terdapat hambatan pada tahap interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 07:15 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 07:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5302 |