PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PELACA BERBASIS KINEMASTER DAN ZEPETO PADA KOMPETENSI MEMBACA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

ERLINA, WAFIROTUL AFKAR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI PELACA BERBASIS KINEMASTER DAN ZEPETO PADA KOMPETENSI MEMBACA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of WAFIROTUL AFKAR ERLINA.pdf] Text
WAFIROTUL AFKAR ERLINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

WAFIROTUL AFKAR ERLINA. NPM. 20120261. “Pengembangan Media
Pembelajaran Animasi Pelaca Berbasis Kinemaster Dan Zepeto Pada
Kompetensi Membaca Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Khusnul Fajriyah S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Rofian
S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih cenderung
menggunakan metode ceramah, dalam materi pada kompetensi membaca
permulaan, tujuan pembelajaran belum tercapai secara optimal sehingga
berpengaruh terhadap efektifitas pembelajaran siswa. Saat pembelajaran belum
menggunakan
media
pembelajaran
yang
bervariasi
untuk
mendukung
pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat digunakan yaitu melalui media
Animasi Pelaca Berbasis Kinemaster Dan Zepeto.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
(1)
Bagaimana
pengembangan dan kelayakan media Animasi Pelaca berbasis Kinemaster dan
Zepeto dapat menjadi media pembelajaran yang efektif bagi siswa kelas 1 SD
dalam meningkatkan kompetensi membaca permulaan mereka? (2) Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan kelayakan media Animasi Pelaca
berbasis Kinemaster dan Zepeto dapat menjadi media pembelajaran bagi siswa
kelas 1 SD dalam meningkatkan kompetensi membaca permulaan mereka.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangwotan 01 pada tanggal 22-23
Juli 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas I SDN Karangwotan 01.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian research and Development
(R&D). Metode penelitian dan pengembangan digunakan untuk menghasilkan
produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang dihasilkan
dalam penelitian ini adalah Media Animasi Pelaca berbasis Kinemaster dan
Zepeto. Media Animasi Pelaca berbasis Kinemaster dan Zepeto dilakukan
berdasarkan
langkah-langkah
pengembangan
ADDIE
(Analysis,
Design,
Development, Implementation, and Evaluation).
Pengolahan data diambil dari validasi ahli materi dan validasi ahli media,
angket respon siswa dengan gain-score. Hasil analisis pada validasi ahli materi
pertama 55% (cukup layak), validasi ahli materi kedua 100% (sangat layak),
validasi ahli materi ketiga 100% (sangat layak), ahli media pertama 72,5%
(layak), ahli media kedua 97,5% (sangat layak). Hal ini menunjukkan bahwa
Animasi Pelaca berbasis Kinemaster dan Zepeto efektif dalam pembelajaran
membaca permulaan.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah pengembangan media
Animasi Pelaca berbasis Kinemaster dan Zepeto efektif sebagai pendukung
pembelajaran pada siswa SD Kelas I. Saran untuk penelitian selanjutnya,
diharapkan dapat menciptakan media pembelajaran yang bervariasi agar
pembelajaran lebih menarik perhatian siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:06
Last Modified: 14 Oct 2024 04:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5287

Actions (login required)

View Item
View Item