PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN KOSA KATA ETIKA UNTUK ANAK USIA DINI

ISNAIN, WAFFA NURAINI (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN KOSA KATA ETIKA UNTUK ANAK USIA DINI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Waffa Nuraini Isnain_20150010.pdf] Text
Waffa Nuraini Isnain_20150010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Membutuhkan proses yang lama untuk mengenalkan pendidikan karakter, karena sulit untuk merubah karakter
seseorang. Pembiasaan diri dapat dimulai dari penerapan kata maaf, tolong, terima kasih, dan permisi dalam
keseharian. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan media pembelajaran berbasis video untuk mengenalkan
kosakata etika pada anak usia dini untuk, sebagai alat pembelajaran yang inovatif, efektif serta membantu anak
memahami konsep etika secara lebih menyenangkan dan menarik. Penelitian ini menerapkan metode penelitian
dan pengembangan (research dan development) dan mempergunakan ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah
13 orang, 1 ahli materi dan media, 2 guru TK sebagai responden dan 10 orang anak usia dini yang menjadi objek
uji coba. Data yang dikumpulkan berupa lembar instrumen penelitian yang menggunakan teknik deskriptif
kualitatif. Kemudian diolah menggunakan teknik deskripstif kuantitatif. Dari uji coba ahli media dan materi
memperoleh hasil 100% yang artinya sangat baik, uji coba responden mendapatkan hasil 98% yang berkategori
sangat baik, dan hasil uji coba observasi pada anak mendapat hasil 97% yang artinya sangat baik. Dapat
dinyatakan bahwa media pembelajaran berbasis video dengan tema mengenalkan kosakata etika untuk anak usia
dini layak digunakan sebagai pengenalan kata maaf, tolong, terima kasih, dan permisi pada pembelajaran. Hasil
penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan lagu dalam video pembelajaran mampu meningkatkan
pemahaman anak-anak terhadap kosa kata etika. Dengan memadukan unsur musikal dan visual dalam media,
anak-anak dapat dengan mudah mengingat konsep etika yang diajarkan. Temuan ini tidak hanya memberikan
insight pada pengembangan media pembelajaran yang lebih efektif dalam menyampaikan nilai-nilai moral
kepada anak-anak, tetapi juga menggaris bawahi pentingnya pendekatan kreatif dalam merancang konten
pembelajaran agar lebih sesuai dan menarik bagi target audiens anak-anak.
Kata kunci: Anak Usia Dini; Media Pembelajaran Berbasis Video; Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Oct 2024 04:00
Last Modified: 14 Oct 2024 04:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5285

Actions (login required)

View Item
View Item