KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SD NEGERI GADU 01

NISWAH, UMDATUN (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS IV SD NEGERI GADU 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of UMDATUN NISWAH.pdf] Text
UMDATUN NISWAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

UMDATUN NISWAH. NPM 19120224. “Keefektifan Model Pembelajaran
Project Based Learning Pada Materi Pecahan Terhadap Kemampuan Berpikir
Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV SDN Gadu 01”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa pada materi pecahan. Hal tersebut disebabkan oleh pelaksanaan
pembelajaran dimana guru masih mengalami kendala dalam penggunaan model
pembelajaran, masih banyaknya siswa yang pasif saat pembelajaran khususnya
pada materi pecahan, dan belum digunakannya model pembelajaran oleh guru saat
mengajar yang berdampak pada tingkat pemahaman siswa terhadap materi
pecahan masih rendah dan hasil belajarnya pun kurang maksimal.
Keefektifan pembelajaran menggunakan model Project Based Learning
terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi pecahan menjadi
permasalahan yang dicapai untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi
siswa kelas IV SD N Gadu 01 dengan motode penelitian kuantitatif dalam bentuk
Pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design.
Populasi penelitian yang dilakukan dengan seluruh siswa kelas IV SDN Gadu 01
dan sampel yang diambil 15 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
wawancara, tes, observasi dan dokumentasi.
Hasil analisis uji t berpasangan yang dilakukan terlihat bahwa pada hasil pretest
dan posttest menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka Ha diterima. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa siswa yang menggunakan model pembelajaran
Project Based Learning (PjBL) materi pecahan terhadap kemampuan berpikir tingkat
tinggi siswa efektif. Selanjutnya untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) materi pecahan terhadap kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa dilakukan uji N Gain. Dari hasil uji N Gain didapatkan hasil
skor N-Gain pretest dan posttest 0,7361. Sehingga keefektifan memiliki kriteria yang
tinggi dan presentase keefektifan cukup efektif dengan skor presentase 73,61.
Saran yang dapat disampaikan adalah model Project Based Learning dapat
dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran bagi guru dalam mengajar
sehingga pemahaman siswa terhadap pembelajaran membaik dan kemampuan
berpikir tingkat tingginya meningkat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:56
Last Modified: 14 Oct 2024 02:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5272

Actions (login required)

View Item
View Item