MEILANI, ULISA SOFIA DWI (2024) UPAYA PENINGKATAN ASPEK KOGNITIF PENGENALAN WARNA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB PERTIWI FLAMBOYAN MINTOBASUKI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
ULISA SOFIA DWI MEILANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
ULISA SOFIA DWI MEILANI. NPM 20150025 “Upaya Peningkatan Aspek
Kognitif Pengenalan Warna Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 3-4
Tahun di KB Pertiwi Flamboyan Mintobasuki”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang 2023. Dosen Pembimbing I Ibu Dr. Muniroh
Munawar,S.Psi,.M.Pd. Dosen Pembimbing II Ibu Dwi Prasetiyawati D.H,
S.Pd.M.Pd. Latar belakang yang mendorong penulisan ini adalah kenyataan di
lapangan dimanana ditemukan masih banyak anak yang kurang tahu warna-warna
disekitarnya. Anak juga kurang tertarik Ketika berkegiatan bermainwarna, karena
kurangnya alat permainan edukatif yang beraneka warna. Masalah dalam
penulisan ini tentang bagaimana cara meningkatkan aspek kognitif pengenalan
warna dengan metode eksperimen pencampuran warna di KB Pertiwi Flamboyan
Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2022/2023.
Jenis penulisan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan pengumpulan data
berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini
sebanyak 20 siswa KB Pertiwi Flamboyan Desa Mintobasuki Kecamatan Gabus
Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2022/2023 berdasarkan hasil akhir dengan
menggunakan Teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan perkembangan aspek
kognitif pengenalan warna pada anak dengan kegiatan membuat lapis metode
eksperimen pencampuran warna pada siklus I meningkat mencapai 45% atau 9
anak yang memperoleh hasil berkembang sangat baik dan kegiatan tisu berjalan
pada siklus II peningkatan perkembangan aspek kognitif pencampuran warna
meningkat mencapai 85% atau 17 anak yang memperoleh hasil berkembang
sangat baik. Perkembangan aspek kognitif pengenalan warna pada anak
mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai
dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi “Upaya Peningkatan Aspek
Kognitif Pengenalan Warna Melalui Metode Eksperimen Pada Anak Usia 3-4
Tahun yang terdapat di KB Pertiwi Flamboyan Desa Mintobasuki Kecamatan
Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2022/2023”. Berdasarkan hasil penulisan
ini saran yang dapat disampaikan adalah bermain atau memberikan kegiatan
kepada anak bisa lebih optimal dengan melibatkan pencampuran warna untuk
meningkatkan aspek kognitif pengenalan warna pada anakusia 3-4 tahun.
Kata kunci :Pecampuran Warna, Pengembangan Aspek Kognitif Warna
pada usia 3-4 Tahun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 02:51 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5269 |