RIF’AN, RIF’AN (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BULU TANGKIS SISWA KELAS V SD NEGERI 5 PECANGAAN. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
RIF’AN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Rif’an/22236019. Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Permainan Bulu tangkis Siswa Kelas V SD Negeri 5 Pecangaan.
Skripsi. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang. Agustus, 2024.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta
didik pada materi permainan bulu tangkis Kelas V SD Negeri 5 Pecangaan Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri
5 Pecangaan melalui pembelajaran diferensiasi pada materi permainan bulu
tangkis. Apakah penerapan pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan hasil
belajar permainan bulu tangkis siswa kelas V SD Negeri 5 Pecangaan.
Metode penelitian yang akan digunakan adalah Penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian tindakan kelas (PTK) dikenal dan ramai dibicarakan dalam dunia pendidikan.
Subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri 5 Pecangaan semester genap tahun
ajaran 2023- 2024 yang berjumlah 11 siswa
Peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari hasil tes yang diperoleh
dari pre test, siklus I dan siklus II. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan
kelas dengan kolaborasi antara peneliti dan teman sejawat sebagai observer.
Kemampuan awal siswa tentang permainan bulu tangkis termasuk rendah, hal ini
dibuktikan dengan hasil belajar sebelum perbaikan rata-rata kelasnya hanya 64
dan hanya 3 siswa saja yang nilainya ≥ KKM 70. Permainan bulu tangkis yang
dilakukan yaitu Teknik memegang raket, pukulan service, pukulan lob, pukulan
back hand, dan teknik melangkahkan kaki. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil
belajar siswa meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II, terbukti dari sebelum
perbaikan rata-rata kelas yang dicapai siswa hanya 64 dengan kriteria kurang,
siklus I mencapai 68 dengan kriteria kurang dan Siklus II mencapai rata-rata kelas
81 dengan kriteria “Baik“. Sedangkan target pencapaian KKM, sebelum tindakan
27%, pada siklus I meningkat menjadi 64% dan pada Siklus II ketuntasan
meningkat lagi menjadi 82%.
Simpulan bahwa pembelajaran diferensiasi dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SD negeri 5 pecangaan secara signifikan. Disarankan agar
guru menerapkan pembelajaran diverensisasi dalam pembelajaran. Maka
penelitian ini dianggap tuntas karena kemampuan siswa secara klasikal sudah
meningkat > KKM.
Kata kunci : diferensiasi, hasil belajar, dan permainan bulu tangkis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 06:51 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 06:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5258 |