PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT HARIMAU DI KELAS XI SMKN 1 JEPON KABUPATEN BLORA

Pramudya, Bayu Aji (2024) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT HARIMAU DI KELAS XI SMKN 1 JEPON KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of PJKR BAYU AJI PRAMUDYA 17230173.pdf] Text
PJKR BAYU AJI PRAMUDYA 17230173.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PJKR BAYU AJI PRAMUDYA 17230173.pdf] Text
PJKR BAYU AJI PRAMUDYA 17230173.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bayu Aji Pramudya. “Pengaruh Metode Discovery Learning Dan Problem
Based Learning Terhadap Hasil Belajar Lompat Harimau Di Kelas XI SMKN
1 Jepon”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang 2024.
Perlunya metode pembelajaran yang tepat seperti discovery learning dan
problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran
PJOK khususnya pada materi lompat harimau. Teknik penentuan sampel
berdasarkan kebetulan, yaitu Sampel 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini
terdiri dari hasil belajar sebagai variable bebas dan Metode Discovery Learning
Dan Problem Based Learning sebagai variable terikat. Metode pengumpulan
data menggunakan Kuesioner , dan diolah dengan SPSS.
Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa Hasil pengujian hipotesis
menyatakan bahwa variabel Metode Discovery Learning Dan Problem Based
Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil Belajar Lompat
Harimau di Kelas XI SMKN 1 Jepon Blora. Hal ini di buktikan dengan uji
statistik yaitu diperoleh nilai t hitung = 4,153 > t Tabel = 3,11dengan tingkat
signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti Metode Discovery Learning Dan
Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Hasil
Belajar Lompat Harimau. Sedangkan koefisien determinasi (adjusted R2) yang
diperoleh sebesar 0,202. Hal ini berarti 20,2% dapat dijelaskan oleh variabel
Metode Discovery Learning Dan Problem Based Learning, sedangkan sisanya
yaitu 79,8% hasil belajar dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak
diteliti dalam penelitian ini
.
Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Problem Based Learning dan Hasil
Belajar Lompat Harimau

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Oct 2024 04:52
Last Modified: 09 Oct 2024 04:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5254

Actions (login required)

View Item
View Item