Majid, Panji Maulana (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WOLFRAM MATHEMATICA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PROBABILISTIK SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Panji Maulana Majid.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Setiap hari siswa dihadapkan dengan permasalahan yang menuntut kemampuan
pemecahan masalah sehingga peneliti ingin mengadakan penelitian untuk mengetahui
kurangnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan
penelitian kuantitatif dengan desain kontrol post-test bertujuan untuk mengevaluasi
efektivitas penggunaan media Wolfram Mathematica bersama dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran Discovery Learning untuk
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah menengah di bidang
probabilitas. Sampel penelitian dipilih melalui metodologi cluster random sampling.
Kelompok Eksperimen I diberi label X-5, Kelompok Eksperimen II diberi label X-1,
dan Kelompok Kontrol diberi label X-3. Informasi dikumpulkan melalui dokumentasi
dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan
masalah probabilistik bergantung pada model pembelajaran yang digunakan: model
pembelajaran tradisional, model pembelajaran Problem Based Learning dengan media
Wolfram Mathematica, dan model pembelajaran Discovery Learning dengan media
Wolfram Mathematica. Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang
signifikan dalam keefektifan model pembelajaran berbasis masalah dan model
pembelajaran penemuan dengan media Wolfram Mathematica dalam menyelesaikan
soal-soal probabilistik. Selain itu, siswa yang menggunakan model discovery learning
dengan media Wolfram Mathematica menunjukkan tingkat kompetensi yang lebih
tinggi dalam menyelesaikan soal-soal probabilistik dibandingkan dengan siswa yang
menggunakan model pembelajaran konvensional. Terakhir, kemampuan siswa yang
menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan media Wolfram
Mathematica dalam menyelesaikan soal-soal probabilistik sama dengan kemampuan
siswa yang menggunakan model pembelajaran penemuan dengan media Wolfram
Mathematica.
Kata Kunci: Problem Based Learning; Discovery Learning; Wolfram Mathematica; Kemampuan
pemecahan masalah probabilistik siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:35 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5253 |