HAPSARI, NUNKY ARINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BANDSINK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN BUGANGAN 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan menciptakan media pembelajaran interaktif
dengan Articulate Storyline 3 materi bangun datar segi banyak untuk siswa kelas 4 SD.
Penelitian ini dipicu oleh hasil wawancara dan observasi di SDN Bugangan 01 yang
menunjukkan adanya keterbatasan serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran secara
optimal. Maka dari itu, peneliti merancang media pembelajaran interaktif untuk mengatasi
permasalahan tersebut. Pendekatan yang diterapkan yaitu Research and Development (R&D)
melalui model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation).
Data dikumpulkan dengan metode wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Media
pembelajaran dinilai oleh ahli materi dan media, lalu diujicobakan kepada siswa dan guru
untuk validasi lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran telah
divalidasi oleh ahli media dengan kevalidan rata-rata 98,85%, dan ahli materi dengan
kevalidan rata-rata 89,55%. Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran interaktif yang menggunakan Articulate Storyline 3 terbukti valid, mudah
digunakan, dan efektif dalam pembelajaran, khususnya materi bangun datar segi banyak.
Kata kunci: Articulate Storyline; Bangun Datar; Media Pembelajaran Interaktif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 04:27 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 04:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/5251 |