Waraningtyas, Dyah Tuti (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMPS SUB RAYON 3 KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DYAH TUTI WARANINGTYAS 20510204.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Waraningtyas, Dyah Tuti. 2023. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional
Kepala Sekolah, Kompensasi Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu
Pendidikan Di SMPS Sub Rayon 3 Kabupaten Jepara. Tesis. Pembimbing I Dr.
Yovitha Yuliejantiningsih, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Ir. I. Made Sudana,
M.Pd., IPM.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang maksimalnya
kepemimpinan kepala sekolah, kompensasi guru dan motivasi guru di SMPS Sub
rayon 3 Kabupaten Jepara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan
menganalisis : (1) pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah
terhadap mutu pendidikan; (2) pengaruh kompensasi terhadap mutu pendidikan;
(3) pengaruh motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan; (4) pengaruh
kepemimpinan transformasional kepala sekolah, kompensasi, motivasi kerja guru
secara bersama sama terhadap mutu pendidikan di SMPS Sub rayon 3 Kabupaten
Jepara.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian non eksperimen ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru
SMPS di Sub rayon 3 Kabupaten Jepara dengan sampel 139 orang dengan
menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan metode angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan
adalah menggunakan analisis deskriptif, uji persyaratan serta uji hipotesis yang
menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan
program SPSS 20.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) tidak ada pengaruh signifikan
kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu pendidikan di
SMPS Sub rayon 3 Jepara. (2) ada pengaruh kompensasi terhadap mutu
pendidikan di SMPS Sub rayon 3 Jepara dengan nilai sig kurang dari probabilitas
yaitu 0,015< 0,05. (3) ada pengaruh simultan motivasi kerja terhadap mutu
pendidikan kadengan nilai 0,000<0,05 dan pengaruh sebesar 11%. (4) terdapat
pengaruh simultan varabel kepemimpinan transformasional, kompensasi dan
motivasi kerja sebesar 12,9%. Variabel kepemimpinan transformasional kepala
sekolah memberikan sumbangan efektif (SE) sebesar -,0,00594%, kompensasi
sebesar 2,95% dan motivasi kerja menberikan sumbangan efektif (SE) sebesar
9,97% dengan sumbangan efektif total sebesar 12,914%. Selanjutnya variabel
variabel kepemimpinan kepala sekolah memberikan sumbangan relatif (SR)
sebesar -0,046%, kompensasi sebesar 22,8% dan motivasi kerja menberikan
sumbangan relatif (SR) sebesar 77,28% dengan sumbangan retlatif total 100%.
Disarankan supaya kepala sekolah meningkatkan dan memahami tentang
kepemimpinan transfornasional, kompensasi guru dan motivasi kerja guru dalam
mewujudkan mutu pendidikan.
Kata kunci: kepemimpinan transformasional, kompensasi, motivasi kerja ,
mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 03:08 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 03:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/520 |