ANALISIS FAKTOR PENYEBAB ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

PURNAMASARI, DEWI (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB ACADEMIC BURNOUT PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DEWI PURNAMASARI 19110081.pdf] Text
DEWI PURNAMASARI 19110081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dewi Purnamasari. NPM 19110081.“Analisis Faktor Penyebab
Academic Burnout Pada Mahasiswa Tingkat Akhir.”Skripsi. Bimbingan dan
Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang.Dosen
Pembimbing I Siti Fitriana, S. Pd., M.Pd. Kons. Dosen Pembimbing II Ismah,
S.Ag., M.Pd. 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya tuntutan yang dibebankan
kepada mahasiswa yang kemudian menyebabkan mahasiswa mengalami academic
burnout sehingga berdampak pada emosi mahasiswa yang tidak stabil,
menurunnya motivasi untuk berprestasi, perasaan tidak berdaya serta rasa lelah
baik secara fisik, emosional, maupun mental yang berlangsung dalam jangka
waktu yang panjang.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
menganalisis faktor penyebab Academic Burnout pada mahasiswa tingkat akhir.
Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Responden dalam penelitian ini
adalah Mahasiswa tingkat akhir dari Universitas PGRI Semarang. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui angket yang kemudian dilanjutkan dengan
observasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian pada anlisis data koding dan triangulasi
sumber terdapat enam faktor penyebab academic burnout pada mahasiswa tingkat
akhir yaitu faktor pemberian reward, coping stress, self-efficacy, kurangnya
hubungan yang suportif dengan orang tua, dukungan sosial, serta belajar dalam
kondisi tekanan tinggi secara terus menerus. Minimnya apresiasi yang diberikan
kepada mahasiswa yang sedang berada dalam tekanan maupun tuntutan akan
studi, kondisi mahasiswa yang dimana mahasiswa tidak mampu mengatasi
tekanan mereka sebagai mahasiswa semester akhir, tekanan dari orang tua yang
terus mananyakan kapan lulus dan beban yang semakin terasa karena ekspektasi
orang tua kepada mahasiswa. Lalu kendala dengan dosen pembimbing yang
kadang susah ditemui dan terus-terusan revisi, hingga ucapan-ucapan yang
membuat mahasiswa down, tertekan dan menganggap bimbingan sebagai beban.
Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah diharapkan mahasiswa agar
lebih terbuka dengan diri sendiri dan perduli terhadap diri sendiri untuk hidup
sehat, baik secara fisik maupun psikis sehingga dapat menjadi pribadi yang
optimis dalam mencapai segala cita-cita dan harapan-harapan yang
membahagiakan. Bagi orang tua, penting untuk memperbaiki komunikasi dengan
anak begitupun sebaliknya. Disamping itu, harapannya terlepas dari jadwal dan
kesibukan dosen pembimbing dengan semua aktivitasnya bisa menjadwalkan
bimbingan yang teratur setiap minggunya. Untuk mahasiswa sendiri, jika ada
jadwal bimbingan bersama dosen pembimbing, sebisa mungkin untuk berangkat
bimbingan. Karena menunda 1 Minggu waktu bimbingan, sama saja dengan
menunda 1 Minggu waktu kelulusan.
Kata Kunci : Faktor Penyebab, Academic Burnout, Mahasiswa Tingkat
Akhir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:07
Last Modified: 08 Jan 2024 03:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item
View Item