EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI PROGRAM LINEAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA

Giovanti, Lia Lalita (2023) EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU SOFTWARE GEOGEBRA PADA MATERI PROGRAM LINEAR TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Lia Lalita Giovanti 19310127.pdf] Text
Lia Lalita Giovanti 19310127.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Problem Based
Learning berbantu GeoGebra terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa
SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Posttest
Only Design. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi.
Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument
penelitiannya berupa lembar observasi keaktifan peserta didik dan soal untuk
Posttest. Berdasarkan hasil perhitungan dengan ANOVA satu arah, uji
Independent Sampel T-test, uji regresi linear sederhana, uji ketuntasan belajar, dan
uji N-Gain dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta
didik dengan model pembelajaran PBL berbantu GeoGebra lebih baik dari model
pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh keaktifan peserta didik terhadap kemampuan komunikasi matematis
dengan model PBL berbantu GeoGebra. Kemampuan komunikasi matematis
dengan model pembelajaran PBL berbantu GeoGebra mencapai ketuntasan secara
individual dan klasikal.
Kata Kunci : Efektivitas, PBL, GeoGebra, Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:59
Last Modified: 08 Jan 2024 02:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item