PENGARUH KUALITAS SDM, TEKANAN KERJA, DAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada UMKM Segara dan Teh Kota Kab. Pati)

Triany, Cindy Claurisa Afninda (2023) PENGARUH KUALITAS SDM, TEKANAN KERJA, DAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada UMKM Segara dan Teh Kota Kab. Pati). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Cindy Claurisa Afninda Triany 19810246.pdf] Text
Cindy Claurisa Afninda Triany 19810246.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas
sdm, tekanan kerja, dan kesejahteraan karyawan terhadap kinerja karyawan
melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 110 responden yang merupakan karyawan UMKM Segara dan Teh
Kota Kab. Pati. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
Tekhnik Probability Sampling dengan jenis Proporsional random sampling.
Teknik analisis yang digunakan adalah PLS-SEM (Partial Least Square).
Pengolahan data penelitian ini dibantu oleh Smart-PLS 3.0.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sdm
berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan dengan nilai P-value (0,010).
Tekanan kerja tidak berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan dengan nilai
P-value (0.591). Kesejahteraan karyawan tidak berpengaruh langsung terhadap
kinerja karyawan dengan nilai P-value (0.069). Kepuasan kerja tidak bepengaruh
langsung terhadap kinerja karyawan dengan nilai P-value (0.330). Kualitas sdm
tidak berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja dengan nilai P-value (0.198).
Tekanan kerja berpengaruh langsung terhadap kepuasan kerja dengan nilai P�value (0.002). Kesejahteraan karyawan berpengaruh langsung terhadap kepuasan
kerja dengan nilai P-value (0.000). Kualitas sdm tidak berpengaruh terhadap
kinerja karyawan melalui mediasi kepuasan kerja dengan nilai P-value (0.602).
Tekanan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui mediasi
kepuasan kerja dengan nilai P-value (0.362). Kesejahteraan karyawan tidak
berpengaruh terhadap kinerja karyawan melalui mediasi kepuasan kerja dengan
nilai P-value (0.314).
Kata Kunci : Kualitas SDM, Tekanan Kerja, Kesejahteraan Karyawan, Kepuasan
Kerja, Kinerja Karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:33
Last Modified: 08 Jan 2024 02:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item
View Item