PENGEMBANGAN POCKET BOOK MATH BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

PUTRI, EKADIAN KARTIKA (2023) PENGEMBANGAN POCKET BOOK MATH BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of EKADIAN KARTIKA PUTRI 19310055.pdf] Text
EKADIAN KARTIKA PUTRI 19310055.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses belajar siswa. Media pembelajaran merupakan penghubung dalam rangka memudahkan dalam pelaksanaan pembelajaran serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa terkait materi yang sedang dipelajari. Kurangnya inovasi media pembelajaran yang inovatif dan mudah dipahami dalam pembelajaran juga menjadi salah satu alasan kurangnya kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Media pembelajaran yang sederhana bersifat satu arah sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Karena hal tersebut, peneliti mencari sebuah solusi dengan mengembangkan media pembelajaran pocket book math berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bilangan bulat. Media yang tidak hanya sebagai bahan ajar cetak tetapi juga bisa diakses melalui perangkat seperti handphone untuk mendukung pembelajaran outclass atau bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran pocket book math yang valid (layak), efektif dan praktis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian adalah penelitian Research and Development. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan desain penelitian pretest dan posttest kelas eksperimen dan kontrol. Sebelum diujicobakan media pembelajaran terlebih dahulu dilakukan uji validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil dari validasi ahli media dan ahli materi berkriteria sangat baik, yaitu untuk ahli media 84% dan ahli materi 87%. Media tersebut layak untuk digunakan. Perhitungan efektifitas penggunaan media pada pembelajaran pada data akhir untuk uji ketuntasan kelas ekperimen diperoleh 75% sehingga tercapai. Selanjutnya dilakukan uji beda rerata dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung > ttabel, 3,732 > 1,999, maka H0 ditolak. Sedangkan uji nGain untuk kelasekperimen diperoleh 0,54 berkategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran pocket book math efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreaif. Hasil dari respon penggunaberkriteria sangat baik dengan persentase 91,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pocket book math praktis digunakan dalam pembelajaran matematika.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Pocket Book Math, Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:34
Last Modified: 08 Jan 2024 02:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/498

Actions (login required)

View Item
View Item