PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 42 KOTA SEMARANG

WULANDARI, DEASY (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 42 KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Deasy Wulandari 20510197.pdf] Text
Deasy Wulandari 20510197.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Deasy Wulandari 2023, “Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam
Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul
Athfal 42 Kota Semarang.” Tesis Pembimbing 1) Dr. Muhdi, S.H., M.Hum, 2) Dr.
Noor Miyono, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah
sebagai manajer dalam pelaksanaan Program Sekolah Penggerak (PSP). Peran
kepala sekolah sebagai manajer meliputi: (1) perencanaan; (2) pengorganisasian;
(3) pelaksanaan; (4) dan evaluasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi
multi kasus.. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informan penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas TK
Kecamatan dan Koordinator Satuan Pendidikan.
Berdasarkan hasil penelitian dan teori manajemen, perencanaan Program
Sekolah Penggerak diantaranya: (1) kepala sekolah melakukan perencanaan
program sekolah penggerak bersama guru dan dipandu oleh fasilitator
PSP,kegiatan perencanaan meliputi perumusan tujuan PSP, pemilihan program
sesuai dengan kebutuhan, penjadwalan pelaksanaan kegiatan dan menyusun
anggaran sesuai anggaran BOP Kinerja; (2) kepala sekolah melakukan
pengorganisasian yaitu menentukan penanggung jawab dari masing-masing
aktivitas yang akan dilaksanakan, menyediakan peralatan yang diperlukan dan
memberikan motivasi, pengarahan dan bimbingan pada tiap-tiap individu yang
diberi wewenang baik dalam manajerial maupun teknisnya.; (3) kepala sekolah
mempimpin pelaksanaan PSP, mulai dari peningkatan kualitas sumber daya
manusia, pembelajaran berdiferensiasi, digitalisasi sekolah dan perencanaan
berbasis data; (4) Evaluasi dilaksanakan oleh kepala sekolah secara berkala yaitu
refleksi pembelajaran mingguan di hari Jumat dan refleksi pelaksanaan PSP secara
keseluruhan setiap bulan melalui kegiatan PMO (Project Management Office).
Secara keseluruhan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pelaksanaan PSP
sudah dilaksanakan dengan baik. Hampir semua indikator terpenuhi. Adapun yang
belum terpenuhi seperti pengembangan prosedur pelaksanaan dan pembagian
tugas sesuai keahlian guru dikarenakan kebiajakan dari PSP yang diterbitkan oleh
Kemendikbudrisktek.
Kata Kunci Peran Kepala Sekolah, Manajer, Program sekolah Penggerak

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:26
Last Modified: 08 Jan 2024 02:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item
View Item