SHALSABILA, RIZKA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI BILANGAN DESIMAL DAN BILANGAN BULAT KELAS V SDN SENDANGGUWO 02. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RIZKA SHALSABILA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
RIZKA SHALSABILA. NPM 20120074. “Pengembangan Media Powerpoint
Interaktif Pada Materi Bilangan Desimal dan Bilangan Bulat Kelas V SDN
Sendangguwo 02.” Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru belum
memanfaatkan media secara optimal sehingga menyebabkan siswa menjadi kurang
antusias dan cepat bosan dalam proses pembelajaran matematika. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis powerpoint untuk proses pembelajaran
matematika materi bilangan desimal dan bilangan bulat kelas V SDN Sendangguwo
02 Kota Semarang? (2) Bagaimanakah kelayakan media pembelajaran interaktif
berbasis powerpoint untuk proses pembelajaran matematika materi bilangan
desimal dan bilangan bulat kelas V SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang? (3)
Bagaimanakah respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis
powerpoint untuk proses pembelajaran matematika materi bilangan desimal dan
bilangan bulat kelas V SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang?
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan media
pembelajaran interaktif berbasis powerpoint untuk proses pembelajaran
matematika materi bilangan desimal dan bilangan bulat kelas V SDN Sendangguwo
02 Kota Semarang, (2) menentukan kelayakan media Pembelajaran interaktif
berbasis powerpoint untuk proses pembelajaran matematika materi bilangan
desimal dan bilangan bulat kelas V SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang, dan (3)
menentukan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis
powerpoint untuk proses pembelajaran matematika materi bilangan desimal dan
bilangan bulat kelas V SDN Sendangguwo 02 Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and
Development dengan model ADDIE. Penelitian dan pengembangan ini
menghasilkan produk berupa media pembelajaran interaktif yang telah melalui
proses validasi dari para ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka hasil penelitian adalah (1)
pengembangan media powerpoint interaktif dikembangkan menggunakan model
ADDIE, (2) kelayakan media powerpoint interaktif mendapatkan hasil yang sangat
layak dengan validasi ahli materi memperoleh persentase 93%, ahli media
memperoleh 94,4%, dan praktisi pembelajaran 87,5%, (3) respon siswa terhadap
media pembelajaran powerpoint interaktif memperoleh persentase 95,8% kriteria
“sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa media
pembelajaran powerpoint interaktif dinyatakan sangat layak digunakan sebagai
media penunjang dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SDN
Sendangguwo 02.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan kepada
peneliti selanjutnya adalah media pembelajaran powerpoint interaktif yang
dikembangkan bisa memuat beberapa materi tidak hanya materi bilangan desimal
dan bilangan bulat saja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 08:16 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 08:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4849 |