PENGEMBANGAN PERMAINAN SUNDA MANDA BERNOMOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III

SHAFIRA, RISMA MEITA (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN SUNDA MANDA BERNOMOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RISMA MEITA SHAFIRA.pdf] Text
RISMA MEITA SHAFIRA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

RISMA MEITA SHAFIRA. NPM 19120141. “Pengembangan Permainan Sunda
Manda Bernomor Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas III”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang.
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu Bahasa Jawa merupakan pelajaran
yang kurang diminati oleh peserta didik sehingga guru harus memberikan inovasi baru
untuk memunculkan minat peserta didik. Salah satu caranya yaitu dengan menjadikan
permainan tradisional Sunda Manda (engklek) sebagai media pembelajaran yang
bertujuan untuk memberikan uji pemahaman siswa di sekolah terutama pada mata
pelajaran Bahasa Jawa.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana cara pengembangan
permainan Sunda Manda?, Bagaimana keberterimaan permainan Sunda Manda?.
Bagaimana kelayakan permainan Sunda Manda?. Tujuan penelitian ini adalah
Mendesakripsikan
pengembangan
permainan
Sunda
Manda,
Mendeskripsikan
keberterimaan permainan Sunda Manda, dan Mendeskripsikan kelayakan permainan
Sunda Manda.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development
(R&D)
yaitu
rangkaian
proses
atau
langkah-langkah
dalam
pengembangan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada agar
dapat dipertanggung jawabkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui
wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh akan
dianalisis melalui rumus presentase yang tertera.
Hasil penelitian berdasarkan analisis keefektifan kepada guru berdasarkan aspek
yang dinilai dari penyajian dengan Skor 92%, pemahaman memiliki Skor 100%,
kompetensi dengan Skor 87%, keunggulan media dengan skor 96%. Jika di total maka
akan mendapatkan Skor rata-rata yaitu 94% dengan kategori sangat layak. Hasil uji
coba keberterimaan peserta didik melalui angket dengan 12 poin pertanyaan didapatkan
Skor 79% dengan kategori efektif. Sedangkan terhadap keefektifan guru di dapatkan
skor 94% dengan kategori sangat efektif.
Adapun saran yang dapat disampaikan adalah Guru pengampu Bahasa Jawa
diharapkan dapat memanfaatkan Media Pembelajaran Sunda Manda sebagai media
pembelajaran dalam materi pengenalan tokoh pewayangan pandawa agar dapat
membuat variasi pembelajaran sehingga dapat tercipta pembelajaran yang variatif, aktif
dan inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:51
Last Modified: 25 Sep 2024 07:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4832

Actions (login required)

View Item
View Item