ANALISIS PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SISWA KELAS V SDN 1 KETRO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN

RIANI, RIDA (2024) ANALISIS PERAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SISWA KELAS V SDN 1 KETRO KECAMATAN KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RIDA RIANI.pdf] Text
RIDA RIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RIDA RIANI. NPM 20120156. “Analisis Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Sekolah Dasar Siswa Kelas V SDN 1 Ketro Kecamatan Karangrayung
Kabupaten Grobogan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah Peran orangtua sangat
penting didalam keluarga.Orangtua juga harus mampu mendorong atau mensupport
anak dalam Pendidikan. Dengan demikian, dapat diakui bahwa motivasi dari
orangtua sangat berpengaruh dalam proses Pendidikan anak. Salah satu faktor yang
berhubungan dengan keberhasilan prestasi belajar mengajar anak adalah peran aktif
orangtua dalam proses pembelajaran anak. Tanggung jawab dan peran aktif
orangtua dan guru akan memberikan bimbingan dan pendidikan yang terbaik bagi
anaknya, sehingga diharapkan anaknya dapat mencapai hasil belajar yang optimal.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran orang tua dalam
memotivasi belajar siswa sekolah dasar siswa kelas V SD Negeri 1 Ketro 2) Apa saja
kendala yang dihadapi oleh orang tua dalam memotivasi belajar siswa sekolah dasar siswa
kelas V SD Negeri 1Ketro 3) Bagaimana cara guru untuk mengatasi kendala yang dihadapi
oleh orang tua dalam memotivasi belajar siswa sekolah dasar siswa kelas V SD Negeri 1
Ketro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini
adalah guru, siswa, dan orang tua. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah hasil
wawancara, hasil angket, dan dokumentasi. Sumber dari penelitian ini yaitu siswa, guru
kelas V dan orang tua siswa kelas V.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orangtua sangat penting untuk
memotivasi anak dalam proses belajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang
optimal.Hal ini terjadi karena siswa akan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah dan
orangtualah yang akan mengarahkan dan memberi dukungan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:23
Last Modified: 25 Sep 2024 07:23
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4818

Actions (login required)

View Item
View Item