APLIKASI PENGENALAN TOKOH WAYANG KULIT DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE ADDIE

AJI, RIAN SETYA (2024) APLIKASI PENGENALAN TOKOH WAYANG KULIT DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE ADDIE. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Rian Setia AJi-17670019 - RSA.pdf] Text
Rian Setia AJi-17670019 - RSA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karya seni tradisional Indonesia, salah satunya wayang kulit memiliki nilai budaya
dan sejarah yang sangat bermakna, akan tetapi minat generasi muda semakin
menurun seiring pergeseran zaman. Sejalan dengan ketersediaan dan kemudahan
akses teknologi, peneliti membentuk inovasi untuk memperkenalkan seni wayang
kulit dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis Android
sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Aplikasi ini bertujuan untuk
memberikan pengalaman yang menarik bagi pengguna dalam mempelajari dan
mengenali tokoh-tokoh wayang kulit yang dilengkapi dengan penjelasan ciri fisik
dan atribut tokoh wayang. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) serta teknik
pengumpulan data yakni menggunakan studi pustaka dan observasi untuk
mendukung pengembangan aplikasi. Respon pengguna aplikasi diuji menggunakan
kuesioner UAT (User Acceptance Test) dengan skala likert kepada 5 responden
yang menunjukkan hasil sebesar 89,2% sehingga pengguna dikategorikan "sangat
setuju" dengan kemudahan, nilai guna,tampilan dan kemanfaatan aplikasi
tersebut.Pengujian black box dari halaman admin dan user menunjukkan
keberhasilan yang didapat 100%. Sedangkan Pengujian white box menghasilkan
implementasi dalam bentuk value test yaitu tercapai 100% dan gagal 0%
menunjukkan bahwa aplikasi ini memenuhi kriteria dan layak digunakan. Oleh
karena itu, dengan pengembangan inovasi melalui aplikasi tersebut, diharapkan
menjadi solusi yang efektif dalam memperkenalkan kembali kekayaan budaya
Indonesia kepada generasi muda serta dapat meningkatkan minat dan pemahaman
generasi muda terhadap seni tradisional terutama wayang kulit sejalan dengan
berkembangannya teknologi modern.
Kata Kunci : Android, Augmented Reality, ADDIE, Wayang Kulit

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:18
Last Modified: 25 Sep 2024 07:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4813

Actions (login required)

View Item
View Item