PENGEMBANGAN BUKU POP UP TEMA BINATANG UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LITERASI PADA TK DESA BANJARAN JEPARA

ASTUTIK, RETNOASIH PUJI (2024) PENGEMBANGAN BUKU POP UP TEMA BINATANG UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN LITERASI PADA TK DESA BANJARAN JEPARA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of RETNOASIH PUJI ASTUTIK.pdf] Text
RETNOASIH PUJI ASTUTIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

RETNOASIH PUJI ASTUTIK. NPM 20150002. “Pengembangan Buku Pop Up Tema
Binatang Untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Pada TK Desa Banjaran Jepara”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya pengembangan
buku pop up tema binatang untuk menstimulasi kemampuan literasi pada TK Desa
Banjaran Jepara yaitu TK Tarbiyatul Athfal 02 Banjaran dan TK Melati Banjaran
Jepara.Begitu juga dengan sekolahan tersebut yang menunjukkan bahwa dalam
kegiatan literasi belum menerapkan media interaktif, seperti masih adanya buku-buku
cerita biasa, sehingga anak kurang tertarik dalam membaca dan partisipasi dalam
kegiatan literasi di kelas masih minim, hal ini mengakibatkan peserta didik kurang
tertarik dalam kegiatan literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
pengembangan buku pop-up tema binatang serta mengetahui kelayakan penggunaan
buku pop-up tema binatang untuk menstimulasi kemampuan literasi anak usia dini
khususnya usia 5-6 tahun.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and
Development dengan model ADDIE. Populasi penelitian adalah TK Tarbiyatul Athfal
02 Banjaran dan TK Melati Banjaran Jepara tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang
diambil adalah kelompok B usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data pada penelitian
ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti, pengembangan buku pop-up untuk
menstimulasi kemampuan literasi pada kelompok B anak usia 5-6 tahun menunjukan
bahwa hasil presentase responden guru di TK Tarbiyatul Athfal 02 Banjaran sebesar
82% dalam kategori “Sangat Baik” dan responden guru di TK Melati Banjaran sebesar
94% dalam kategori “Sangat Baik”. Hasil presentase responden peserta didik di TK
Tarbiyatul Athfal 02 Banjaran sebesar 90% dalam kategori “Sangat Baik” dan
responden `TK Melati Banjaran sebesar 100% dalam kategori “Sangat Baik”.
Disimpulkan bahwa TK Tarbiyatul Athfal 02 Banjaran dan TK Melati Banjaran baik
hasil responden guru maupun peserta didik sama-sama dalam kategori “Sangat Baik”.
Hal ini menunjukan media buku pop-up sangat layak digunakan dalam kegiatan
literasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini yang dapat disampaikan adalah media buku
pop-up tema “Binatang” subtema “Mengenal Binatang Ternak” buku pop-up ini dipilih
karena karakteristiknya yang menarik secara visual dan interaktif, yang dapat menarik
minat anak dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan serta dapat
dijadikan sarana pengetahuan yang bermanfaat dalam kegiatan literasi bagi peserta
didik. Bagi guru media buku pop-up ini dapat dijadikan sebagai alat dalam proses
kegiatan literasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 07:04
Last Modified: 25 Sep 2024 07:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4803

Actions (login required)

View Item
View Item