PENGEMBANGAN SOAL NUMERASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Rahmawati, Rahajeng (2024) PENGEMBANGAN SOAL NUMERASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Rahajeng Rahmawati.pdf] Text
Rahajeng Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil PISA 2022, terlihat bahwa kemampuan numerasi siswa
di Indonesia mengalami penurunan signifikan. Skor numerasi atau keterampilan
perhitungan matematika siswa Indonesia mencapai 366 poin, mengalami
penurunan sebanyak 13 poin bila dibandingkan dengan tahun 2018. Ketersediaan
soal numerasi masih terbatas dan jarangnya penggunaan soal numerasi dalam
proses pembelajaran menyebabkan siswa kurang terlatih dalam menangani
berbagai jenis soal numerasi. Pengembangan soal numerasi berbasis
etnomatamatika di jenjang SMP bertujuan untuk mengidentifikasi dan
mendeskripsikan proses pengembangan soal numerasi berbasis etnomatematika di
jenjang SMP serta menjelaskan validitas soal tersebut. Metode yang digunakan
adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penilaian produk oleh ahli materi mencapai 85,66% yang
termasuk kategori sangat baik, dan validasi isi soal sebesar 0,93 yang termasuk
kriteria validasi tinggi. Hasil analisis uji coba terbatas dilihat dari uji validitas, uji
reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda diperoleh 26 soal numerasi
yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Soal-soal numerasi berbasis
etnomatematika ini efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
Kata kunci: Etnomatematika; Numerasi; Research and Development; Model
ADDIE; Validitas Soal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 06:09
Last Modified: 25 Sep 2024 06:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item
View Item