Sari, Putri Yulia Puspita (2024) PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DITINJAU DARI MULTIPLE INTELLIGENCE PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUDUS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Putri Yulia Puspita Sari-20310043 - Putri Yulia Puspita Sari.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Pendidikan saat ini mengarah pada perkembangan kompetensi literasi dan
numerasi. Namun, siswa belum terbiasa dengan soal yang permasalahannya
terkait dengan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini
untuk mendeskripsikan profil kemampuan numerasi siswa ditinjau dari Multiple
Intelligence atau kecerdasan majemuk pada materi Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel (SPLDV) kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa kelas VIII-E
SMP Negeri 3 Kudus yang masing-masing memiliki kecerdasan linguistik, logis-
matematis, dan visual-spasial. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan
angket, tes soal, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan model Miles
dan Huberman dengan proses: (1) Reduksi data; (2) Penyajian data; dan (3)
Penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode
triangulasi teknik dan pengecekan melalui diskusi. Hasil dari penelitian ini
menunjukan siswa yang memiliki kecerdasan linguistik memenuhi satu indikator
kemampuan numerasi, siswa yang memiliki kecerdasan logis-matematis
memenuhi dua indikator kemampuan numerasi, dan siswa yang memiliki
kecerdasan visual-spasial memenuhi dua indikator kemampuan numerasi.
Kata kunci: Kemampuan Numerasi, Multiple Intelligence, SPLDV.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:27 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4751 |