MURTI, PUTRI LENGGONO (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK MELALUI SOFTWARE ANYFLIP DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
PUTRI LENGGONO MURTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
PUTRI LENGGONO MURTI. NPM 20126014. “Pengembangan Media
Pembelajaran E-Book Melalui Software Anyflip Di Sekolah Dasar”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2024. Dosen Pembimbing I Henry Januar Saputra,
S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Muhammad Arief Budiman,S.S.,M.Hum.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah bahwa media yang
mengintegrasikan teknologi masih jarang digunakan di SDN Gunungpati 01,
sedangkan berdasarkan hasil wawancara, siswa tertarik dengan media
pembelajaran berbasis teknologi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum
adanya media pembelajaran yang sesuai dengan pemanfaatan teknologi Oleh
karena itu peneliti melakukan pengembangan Media Pembelajaran E-Book
Melalui Software Anyflip.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah 1) mengembangkan media
pembelajaran e-book melalui software anyflip di Sekolah Dasar. 2) menghasilkan
media pembelajaran e-book melalui software anyflip di Sekolah Dasar yang
memenuhi kriteria valid. 3)menghasilkan media pembelajaran e-book melalui
software anyflip di Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria praktis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research & Development)
dan modifikasi dari tahapan penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD
Negeri Gunungpati 01. Pada Penelitian Pengembangan ini uji lapangan
dilaksanakan di kelas V SD Negeri Gunungpati 01. Sumber data pada penelitian
ini yaitu guru dan siswa berjumlah 25. Analisis data ini mengacu pada instrument
angket skala Likert.
Hasil penelitian diperoleh kevalidan media pembelajaran E-Book Melalui
Software Anyflip pada pembelajaran IPAS kelas V sekolah dasar dari ahli media
sebesar 83,12% dan penilaian ahli materi 83% dengan kategori layak/valid.
Kepraktisan media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan kesesuaian
materi yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tanggapan guru 88,4% dan
hasil tanggapan siswa 88,7%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-
book melalui software anyflip di Sekolah Dasar valid dan praktis untuk digunakan.
Saran bagi peneliti, penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan
belum sempurna, maka dari itu peneliti berharap selanjutnya dapat dilakukan
penyempurnaan dari penelitian pengembangan ini. Peneliti juga berharap
selanjutnya dapat mengembangkan media pembelajaran e-book pada
pembelajaran IPAS Kelas V pada materi lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 04:16 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 04:16 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4744 |