ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISTEMATIS DAN INTUITIF PADA MATERI SPLTV KELAS X SMA NURUL MUSLIM

Trihara, Putri Ayu (2024) ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISTEMATIS DAN INTUITIF PADA MATERI SPLTV KELAS X SMA NURUL MUSLIM. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Putri Ayu Trihara-20310085 - Putri Ayu Trihara.pdf] Text
Putri Ayu Trihara-20310085 - Putri Ayu Trihara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pada era saat ini, siswa masih kesulitan mengubah soal cerita menjadi gambar
matematika, kurang berinteraksi lisan dengan guru dan teman, untuk mendapatkan
tujuan dengan memberikan analisis yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis komunikasi matematis siswa bedasarkan gaya kognitif sistematis dan
intuitif pada materi SPLTV kelas X SMA Nurul Muslim. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 2 siswa bergaya koginitif
sistematis dan 2 siswa bergaya kognitif intuitif yang ditentukan berdasarkan tes CSI
(Cognitive Style Inventory). Subjek penelitian diberikan tes terdiri dari satu soal
cerita SPLTV yang disusun berdasarkan indikator kemampuan komunikasi
matematis. Selanjutnya dilakukan wawancara berbasis tes untuk menggali
informasi lebih lanjut. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian, dan
menarik kesimpulan. Triangulasi sumber digunakan untuk memeriksa keabsahan
data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan siswa bergaya koginitif sistematis dapat
memenuhi seluruh indikator komunikasi matematis. Ditandai dengan mampu
menulis informasi secara lengkap, membuat model matematika, menyelesaikan
soal, dan membuat kesimpulan yang tepat. Siswa bergaya kognitif intuitif belum
mampu memenuhi semua indikator komunikasi matematis. Ditandai dengan
kesulitan menuliskan informasi secara lengkap. Mampu membuat model
matematika, namun belum dapat menyelesaikan hasil akhir atau membuat
kesimpulan karena kesalahan dalam menemukan variabel. Dengan mengetahui
kelebihan dan kekurangan siswa dari komunikasi matematis siswa bergaya kognitif
sistematis dan intuitif dalam menelesaikan soal materi SPLTV, guru dapat
memberikan perhatian khusus dan solusi kepada siswa yang memiliki tingat
komunikasi matematis yang lebih rendah.
Kata kunci : Komunikasi Matematis, Gaya Kognitif Sistematis, Gaya Kognitif
Intuitif, SPLTV

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:13
Last Modified: 25 Sep 2024 04:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4742

Actions (login required)

View Item
View Item