HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA INSTITUT INDONESIA KOTA SEMARANG

YUDISTIARA, NUR SUCI (2024) HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS X SMA INSTITUT INDONESIA KOTA SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NUR SUCI YUDISTIARA.pdf] Text
NUR SUCI YUDISTIARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Nur Suci Yudistiara. NPM. 19110172. Skripsi. “Hubungan antara
Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMA Institut Indonesia
Kota Semarang”. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dra. Tri Suyati, M.Pd dan
Pembimbing II Dr. Chr Argo Widiharto, S.Psi, M.Si.
Penelitian ini dilatar belakangi masih ditemukannya siswa kelas X yang
memiliki rasa kepercayaan diri yang kurang, seperti adanya beberapa siswa yang
kurang aktif pada saat proses belajar mengajar berlangsung seperti enggan untuk
bertanya serta kurang mampu untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru
yang mengajar, dan kurangnya rasa bertanggung jawab terhadap tugas yang
diberikan. Sedangkan dalam penyesuaian diri di lingkungan sekolah, siswa lebih
cenderung atau terlihat lebih suka menyendiri daripada berbaur dengan teman
lainnya. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuian Diri siswa kelas X SMA
Institut Indonesia Kota Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
SMA Institut Indonesia Semarang sebanyak 158 siswa. Sampel yang diambil
sebanyak 52 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah
cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala likert,
yakni membuat skala kepercayaan diri dan skala penyesuaian diri.
Berdasarkan dari hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji
korelasi Person Product Moment menunjukan bahwa uji korelasi yang ada dari
kedua variabel memperoleh hasil yang signifikan sebesar (r) = 0,298. Sedangkan
nilai r tabel untuk jumlah sampel 52 siswa dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,032
yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan signifikan. Dari hasil
hubungan tersebut menunjukan bahwa terdapat Hubungan antara Kepercayaan Diri
dengan Penyesuian Diri Siswa Kelas X SMA Institut Indonesia Kota Semarang.
Saran untuk siswa dari adanya penelitian ini diharapkan mereka mampu
untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri nya sehingga akan berpengaruh pada
penyesuian diri di lingkungan sekolah, untuk Guru BK diharapkan mampu
memberikan layanan terbaik agar penyesuian diri dan kepercayaan diri siswa di
sekolah berjalan dengan baik serta menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai
bahan pertimbangan dalam menyusun program layanan bimbingan dan konseling
di sekolah, diharapkan bagi kepala sekolah untuk selalu mendukung dan membantu
dalam mengoptimalkan program – program guru BK serta memberikan fasilitas
sebaik mungkin guna menunjang pemberian layanan bimbingan dan konseling
kepada siswa yang penyesuian diri dan kepercayaan dirinya kurang, diharapkan
bagi penelitian selanjutnya untuk dapat menggali lebih dalam mengenai penyesuian
diri serta kepercayaan diri siswa yang tidak hanya disangkut pautkan dengan
lingkungan sekolah melainkan dengan lingkungan sosial lainnya.
Kata kunci : Siswa, Kepercayaan Diri, Penyesuaian Diri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:04
Last Modified: 25 Sep 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item
View Item