PUTRI, NUHA NISRINA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ATUNG (AYO BERHITUNG) UNTUK SISWA KELAS RENDAH SD NEGERI BANARAN 1 KECAMATAN SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2024 / 2025. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NUHA NISRINA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Nuha Nisrina Putri. NPM 20120346. “Pengembangan Media ATUNG (Ayo
Berhitung) untuk Siswa Kelas Rendah SD Negeri Banaran 1 Kecamatan
Sambungmacan Sragen Tahun Pelajaran 2023 / 2024”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang 2024. Pembimbing I Mudzanatun, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II
Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd.
Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan
proses pembelajaran. Berdasarkaan hasil wawancara dan observasi, media
pembelajaran yang digunakan di sekolah dasar masih sangat jarang dan belum
sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan siswa. selain itu, banyak
siswa yang kesulitan dalam memahami konsep dari materi perkalian dan
pembagian yang diajarkan serta cenderung cepat bosan jika pembelajaran kurang
menarik dan monoton. Oleh kareena itu, peneliti mengembangkan sebuah media
pembelajaran Ayo Berhitung (ATUNG) pada materi perkalian dan pembagian
dikelas II SD Negeri Banaran 1 Sambungmacan yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Reasearch and
Development) menggunakan model Borg and Gall dengan penyesuaian tahapan
pengembangan yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain
produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk. Subjek
penelitian ini adalah guru dan 10 siswa kelas II SD Negeri Banaran 1
Sambungmacan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi materi dan media,
serta respon guru dan siswa.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen dari Universitas PGRI Semarang
dengan hasil yang diperoleh dari ahli media dengan persentase sebesar 96% yang
menunjukkan kriteria “sangat baik” dan hasil yang diperoleh dari ahli materi
dengan persentase sebesar 80% yang menunjukkan kriteria “baik”. Sehingga
media Ayo Berhitung (ATUNG) dinyatakan valid dengan rata-rata 88% yang
menunjukkan kriteria “sangat baik”. Hasil dari angket respon guru menunjukkan
persentase 86% yang menunjukkan kriteria “sangat baik”. Sedangkan hasil angket
respon siswa menunjukkan persentase 94% yang menunjukkan kriteria “sangat
baik”. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media Ayo Beritung (ATUNG)
layak dan valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada materi
perkalian dan pembagian untuk siswa kelas rendah.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Ayo Beritung (ATUNG), Perkalian dan
Pembagian
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 02:43 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:43 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4682 |