MULYO, TRI (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) GURU DALAM PENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU DI SMP PONDOK MODERN SELAMAT BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESISI TRI MULYO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Mulyo, Tri. 2024. “Strategi Pengembangan Organizational Citizenship
Behavior (OCB) Guru dalam Peningkatan Profesionalitas Guru di SMP
Pondok Modern Selamat Batang”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Ngurah Ayu
Nyoman M, M.Pd., (2) Dr. M. Prayito, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan
strategi pengembangan Organizational Citizenship Behavior (OCB) guru dalam
peningkatan profesionalitas guru di SMP Pondok Modern Selamat Batang, (2)
Bagaimana pelaksanaan strategi pengembangan Organizational Citizenship
Behavior (OCB) guru dalam peningkatan profesionalitas guru di SMP Pondok
Modern Selamat Batang, (3) Bagaimana evaluasi strategi pengembangan
Organizational
Citizenship
Behavior
(OCB)
guru
dalam
peningkatan
profesionalitas guru di SMP Pondok Modern Selamat Batang. Tujuan dari
penelitian ini adalah (1) Menjelaskan perencanaan strategi pengembangan
Organizational
Citizenship
Behavior
(OCB)
guru
dalam
peningkatan
profesionalitas guru di SMP Pondok Modern Selamat Batang, (2) menjelaskan
pelaksanaan strategi pengembangan Organizational Citizenship Behavior (OCB)
guru dalam peningkatan profesionalitas guru di SMP Pondok Modern Selamat
Batang, (3) Menjelaskan evaluasi strategi pengembangan Organizational
Citizenship Behavior (OCB) guru dalam peningkatan profesionalitas guru di SMP
Pondok Modern Selamat Batang.
Penelitian kualitatif dipilih sebagai jenis penelitan yang digunakan
dalam penelitian ini. Pemilihan penelitian kualitatif disebabkan karena ada
beberapa faktor yang lebih diutamakan dalam hal penjabaran dan penjelasan
suatu fenomena yang akan diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik
wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.
Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dapat diambil
kesimpulan
bahwa
pelaksanaan
strategi
pengembangan
Organizational
Citizenship Behavior (OCB) guru dalam peningkatan profesionalitas guru di SMP
Pondok Modern Selamat Batang diantaranya: (1) Altruism meliputi : membantu
rekan kerja yang pekerjaannya overload atau berlebihan, menggantikan tugas
rekan kerja yang berhalangan masuk kerja. (2) Conscientiousness, meliputi:
selalu datang lebih awal sehingga saat jam kerja dimulai sudah siap
melakukan pekerjaan, menggunakan waktu kerja dengan maksimal. (3)
Sportsmanship, meliputi: menjaga nama baik organisasi, mampu mencari cara
mengatasi permasalahan yang terjadi di tempat kerja. (4) Courtesy, Meliputi:
mengikuti perubahan dan perkembangan dalam organisasi, memberi tahu jika
tidak hadir. (5) Civic virtue, Meliputi: ikut berkontribusi dalam kegiatan
perkumpulan yang ada di dalam organisasi, melakukan hal kecil yang dapat
membantu meningkatkan nama baik sekolah, seperti sikap ramah kepada tamu
yang datang ke sekolah.
Kata Kunci: OCB, Profesionalitas Guru, Strategi Pengembangan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 24 Sep 2024 06:30 |
Last Modified: | 24 Sep 2024 06:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4634 |