IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KENDAL KABUPATEN KENDAL

FAUZI, ACHMAD (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KENDAL KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ACHMAD FAUZI 20510229.pdf] Text
ACHMAD FAUZI 20510229.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Achmad Fauzi. 2023. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kendal
Kabupaten Kendal”. Pembimbing I Dr.Titik Haryati, M.Si dan Pembimbing II
Dr.Ir.I Made Sudana, M.Pd.
Konteks penelitian dan tujuan penelitian ini adalah Implementasi
Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 1 Kendal Kabupaten Kendal.
Metedologi penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni
menggambarkan dan menganalisa bentuk kalimat, kata-kata, pencatatan dokumen
hasil wawancara untuk memecahkan maslah yang ada. Prosedur utamanya
menggunakan probability Sampling bahwa pendekatan kualitatif ini
memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih menjadi
anggota sampel.
Hasil penelitian pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan tiga
aspek yaitu (1) pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kesiapan belajar, minat
dan gaya belajar dapat dilakukan dengan beberapa hal, diantaranya: melakukan
asesmen diagnostik sebelum pembelajaran dan menganalisisnya, menyusun
perencanaan dan perangkat pembelajaran dan melakukan evaluasi, refleksi serta
umpan balik, (2) strategi mengajar yang efektif adalah pola-pola umum kegiatan
guru dan peserta didik dalam perwujudan kegiatan pembelajaran untuk mencapai
kompetensi sebagai tujuan pembelajaran, menentukan strategi mengajar yang
efektif, dan memahami karakteristik peserta, dan (3) evalusai dan refleksi diri
merupakan laporan yang dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti observasi
kelas, pemberian kuesiner kepada peserta didik tentang pelaksanaan pembelajaran
dan hasil dari evaluasi serta refleksi didiskusikan dengan teman sejawat yang
difasilitasi sekolah guna perbaikan kerja secara berkelanjutan.
Kesimpulan penelitian ini adalah (1) pembelajaran berdiferensiasi bahwa
guru harus melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid yang sangat kompleks.
Untuk itu guru harus memiliki nilai mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan
berpihak pada peserta didik sebagai modal dalam mengimplementasikan
pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, (2) pelaksanaan pembelajaran
berdiferensiasi sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah di
buat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah menjelaskan capaian
pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan alur tujuan pembelajaran akan dicapai,
dan (3) evaluasi dan refleksi dengan tujuan agar dapat melihat kekurangan dan
kelebihan sebagai bahan perbaikan pembelajaran yang akan datang pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia.
Kata-kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, pemetaan, strategi, dan evaluasi
dan refleksi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:08
Last Modified: 08 Jan 2024 02:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item
View Item