Priyono, Slamet (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONSEP PERUBAHAN IKLIM BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS_SLAMET PRIYONO_22550003_compressed (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Priyono, Slamet,. 2024. “Pengembangan Perangkat Pembelajarann Konsep
Perubahan Iklim Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan
Berpikir Kreatif dan Mitigasi Bencana” Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Ary
Susatyo Nugroho, M. Si.; (2) Dr. Fenny Roshayanti, M. Pd.
Pembelajaran IPA berbasis STEAM pada konsep perubahan iklim
dikembangkan
untuk
meningkatkan
keterampilan
berpikir
kreatif
dan
pengetahuan mitigasi bencana. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana karakteristik, kevalidan, kepraktisan dan kefektifan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui karakteristik, memperoleh perangkat pembelajaran
yang valid, praktis dan efektif pada konsep perubahan iklim berbasis STEAM
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan pengetahuan mitigasi
bencana. Sampel dalam peneletian ini adalah 32 siswa kelas VII SMP Negeri 1
Sayung Kabupaten Demak yang diberikan perlakuan dengan one group pretest
posttest.
Dengan adanya pengembangan perangkat pembelajaran ini manfaat yang
diharapkan
secara
teoritis
dapat
memberikan
sumbangan
pemikiran
pengembangan perangkat pembelajaran pada konsep perubahan iklim berbasis
STEAM, sedangkan manfaat praktis penelitian ini bagi siswa dapat meningkatkan
keterampilan berpikir kreatif dan pengetahuan mitigasi bencana, bagi guru dapat
memberikan
sumbangan
wawasan
untuk
mengembangkan
perangkat
pembelajaran berbasis STEAM.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Research
and Development (R&D) dengan model desain pengembangan ADDIE yang
terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas ATP sebesar 91,25%,
modul ajar sebesar 90,00%, LKPD sebesar 96,50%, dan bahan bacaan guru dan
siswa sebesar 94,10% dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa
revisi. Kemudian kepraktisan ATP sebesar 94,50%, modul ajar sebesar 90,82%,
LKPD sebesar 90,83% dan bahan bacaan guru dan siswa sebesar 90,71% dengan
kriteria sangat praktis. Selanjutnya uji efektivitas perangkat pembelajaran
terhadap peningkakan keterampilan berpikir kreatif dilakukan uji normalitas
menggunakan Shapiro-Wilk dengan signifikan pretest 19.94 dan posttest 30.19,
hasil uji t menunjukan t hitung = 21.104 dan t tabel = 0.3494 dengan signifikansi
sebesar 0.000, nilai N-gain sebesar 20.2578. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran IPA konsep perubahan iklim berbasis STEAM efektif meningkatkan
keterampilan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 1 Sayung.
Efektivitas perangkat pembelajaran konsep perubahan iklim berbasis
STEAM untuk meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana dilakukan uji
normalitas dengan menggunakan Shapiro-Wilk dengan signifikansi pretest 88.13
dan postes 96.80, hasil uji t menunjukan t hitung =5.344 dan t tabel = 0.3494
dengan signifikansi sebesar 0.000, nilai N-gain sebesar 0.5002. Sehinggcukup efektif meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana siswa SMP Negeri 1
Sayung. Berdasarkan uji validitas ahli, uji validitas praktisi dan uji efektivitas
pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis STEAM pada konsep
perubahan iklim efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan cukup
efektif meningkatkan pengetahuan mitigasi bencana siswa kelas VII SMP Negeri
1 Sayung Kabupaten Demak.
Kata kunci:dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran IPA konsep perubahan iklim berbasis STEAM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:35 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:35 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4622 |