Soleh, Ahmad (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN BERORIENTASI EDUCATION FOR SUISTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) UNTUK MENINGKATKAN LIFELONG LEARNING DAN HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS SOLEH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Ahmad Soleh. 2024. “Pengembangan Model Pembelajaran Discovery Learning (DL)
Pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Berorientasi Education for
Suistainable Development (ESD) Untuk Meningkatkan Lifelong Learning dan Hasil
Belajar Siswa”. Tesis. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Endah Rita Sulistya Dewi, M.Si.; (2)
Dr. M. Syaipul Hayat S.Pd., M.Pd.
Pembelajaran biologi yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Demak berdasarkan
observasi dan wawancara awal dengan guru mata pelajaran biologi terhadap kegiatan belajar
mengajar memperlihatkan proses pembelajaran yang masih sederhana. Kegiatan siswa hanya
sebatas mendengarkan guru dalam menjelaskan dan mengerjakan latihan soal. Kegiatan
tersebut menunjukkan kegiatan satu arah, sehingga menyebabkan siswa menjadi pasif.
Pembelajaran biologi materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan umumnya diberikan
secara konvensional dampaknya menimbulkan rasa bosan kepada peserta didik, sehingga
keingintahuan peserta didik sulit dirangsang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran discovery learning
(DL) berorientasi ESD pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan untuk
meningkatkan lifelong learning dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan
pendekatan Penelitian dan Pengembangan (R&D), yang disederhanakan menjadi tiga langkah
meliputi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Sampel yang digunakan sebanyak 72
siswa dari kelas XII IPA 1 dan kelas XII IPA 2 MA Negeri Demak Kabupaten Demak.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument nontes dan tes. Teknik
pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, angket, dan soal tes. Teknik analisis data
berupa analisis deskriptif dan uji efektifitas dengan menggunakan Normalized Gain (N-
Gain). Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran yang dikembangkan terdapat
kebaruan yaitu masuknya unsur pembangunan berkelanjutan (suistainability) untuk
meningkatkan lifelong learning dan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah
dikembangkannya buku model pembelajaran discovery learning (DL) berorientasi ESD yang
disingkat dengan Model Pembelajaran DOEL dengan ciri khas didalamnya model yang
terintegrasi dengan indikator ESD dan lifelong learning. Validasi ahli oleh Dosen Pendidikan
IPA menunjukkan nilai rerata 3,23 dengan kategori sangat valid dan layak. Sedangkan
validasi praktisi memiliki nilai rerata 89,23% dengan kriteria sangat praktis dan layak. Hasil
observasi lifelong learning untuk indikator berpikir kompleks 2,96, proses informasi 3,32,
dan komunikasi 3,96. Hasil tersebut menunjukkan bahwa indikator yang paling tinggi
nilainya adalah komunikasi. Untuk nilai N-Gain lifelong learning 0,72 sedangkan N-Gain
hasil belajar siswa adalah 0,61, dikategorikan tinggi. Dari hasil N-Gain didapatkan data
bahwa model pembelajran DOEL efektif digunakan. Hasil uji-t untuk lifelong learning 2,030
dan hasil belajar siswa adalah 5,173, hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran
DOEL pada kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki kemampuan berbeda. Berdasarkan
hasil uji validitas, uji kepraktisan, uji keefektifan disimpulkan model pembelajaran discovery
learning (DL) berorientasi ESD yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga layak
digunakan di lapangan karena dapat meningkatkan lifelong learning dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Education for Suistainable Development (ESD), Discovery Learning (DL),
Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Lifelong Learning, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:58 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4581 |