PURWATASARI, TITIS (2023) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA PADLET DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPTIF PADA SISWA KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 2 SLAWI TAHUN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TITIS PURWATASARI 18430019.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode
discovery learning berbantu media padlet dalam pembelajaran menulis teks
deskriptif pada siswa kelas X MIPA 5 SMA N 2 Slawi. Hal ini dilatarbelakangi
karena masih banyaknya peserta didik yang kurang minat dan tertarik dalam
mengikuti pembelajaran menulis teks deskriptif, salah satu faktornya yaitu
kurangnya variasi penggunaan metode dan media pembelajaran. Oleh sebab itu,
penerapan metode dengan berbantu media sangat diperlukan untuk memudahkan
peserta didik pada saat mengikuti pembelajaran, agar nantinya peserta didik dapat
mengembangkan ide beserta kreatifitasnya terutama pada saat mengikuti
pembelajaran menulis teks deskriptif. Untuk itu, rumusan masalah yang diperoleh
yaitu bagaimana hasil dan penerapan metode discovery learning berbantu media
padlet dalam pembelajaran menulis teks deskriptif pada siswa kelas X MIPA 5
SMA N 2 Slawi?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan
hasil dari penerapan metode discovery learning berbantu media padlet dalam
pembelajaran menulis teks deskriptif pada siswa kelas X MIPA 5 SMA N 2
Slawi.
Pada penelitian kali ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif
sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental
design yang berupa one-shot case study dengan hanya melibatkan satu kelompok
tanpa harus dilakukan pengambilan sampel. Data yang diperoleh dalam penelitian
ini dikumpulkan melalui kuesioner (angket) disertai dengan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pada uji kompetensi aspek pengetahuan
diperoleh presentase sebesar 100% atau sejumlah 35 peserta didik mendapatkan
nilai tuntas di atas KKM. Dari perolehan tersebut didapatkan nilai rata-rata akhir
sebesar 87,85. 2) Pada uji kompetensi aspek keterampilan juga diperoleh
presentase sebesar 100% atau 35 peserta didik yang nilainya telah melampaui
KKM. Dari perolehan tersebut diperoleh nilai rata-rata akhir sebesar 82,42 pada
aspek keterampilan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, pembelajaran
menulis teks deskriptif dengan metode discovery learning dan berbantu media
padlet dapat memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kegiatan
pembelajaran menulis teks deskriptif pada siswa kelas X MIPA 5 SMA N 2
Slawi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:22 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 07:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/447 |