IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 di SD 3 LORAM WETAN KUDUS

Permatasari, Firlynda (2024) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 di SD 3 LORAM WETAN KUDUS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Firlynda Permatasari-19120109 - Intan Nindi Fitriana.pdf] Text
Firlynda Permatasari-19120109 - Intan Nindi Fitriana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Firlynda
permatasari,
"IMPLEMENTASI
PROFIL
PELAJAR
PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PANCASILA DI SD 3 LORAM
WETAN KUDUS". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024. Pembimbing 1 Duwi
Nuvitalia, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Intan Rahmawati, S.Pd.,M.Pd.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah strategi penguatan
nilai Profil Pelajar Pancasila. Dalam membangun karakter peserta didik, mengacuh
pada ciri utama Profil Pelajar Pancasila. Salah satu target yang akan dicapai untuk
mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah membentuk generasi milenial yang
Pancasialais. Peserta didik memiliki proses perkembangannya secara optimal
dengan melakukan kegiatan pembiasaan di sekolah.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Implementasi
Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Pendidikan Pancasila
Kelas 1 di SD 3 Loram Wetan Kudus? (2) Bagaimana metode yang ditempuh dan
sesuai untuk Pengimimplementasian Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran
Pendidikan Pancasila di SD 3 Loram Wetan Kudus?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian
pada penelitian kualitatif ini menggunakan purposive sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data yang
diperlukan dari narasumber atau sumber data yang lain adalah metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada penerapan penguatan
profil pelajar pencasila terhadap siswa kelas I di SD Negeri Kalicari 02 Semarang
dan pengaruh penguatan profil pelajar pencasila terhadap siswa kelas I di SD 3
Loram Wetan Kudus.
Hasil penelitian yang didapat dari penerapan penguatan Profil Pelajar
Pancasila di SD 3 Loram Wetan Kudus yaitu pembentukan karakter siswa yang
sudah sesuai dengan enam dimensi profi pelajar pancasila, diantaranya: (1)
Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, (2) Mandiri, (3)
Bernalar kritis, (4) Kreatif, (5) Gotong-royong, dan (6) Kebhinekaan global. Nilai-
nilai tersebut diimplementasikan pada kegiatan pembiasaan dan projek.
Pembiasaan yang dilakukan seperti berjabat tangan, berdoa, membaca asmaul
husna, mengerjaka tugas mandiri, solat dzuhur berjamaah, melaksanakan upacara
bendera setiap Hari Senin. Sedangkan pembelajaran berbasis projek dilakukan
siswa.
Berdasarkan penelitian ini, saran yang disampaikan oleh pihak sekolah yaitu
dengan adanya Implementasi Profil Pelajar Pancasila diharapkan dapat
meningkatkan
karakter
siswa,
untuk
itu dalam
pelaksanaannya
harus
mengedepankan penjabaran nilai luhur pancasila yang terangkum dalam enam
elemen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:53
Last Modified: 04 Sep 2024 07:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4402

Actions (login required)

View Item
View Item