Dewi, Nila Sari (2024) PEMBELAJARAN IPA PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG MELALUI PENDEKATAN STEAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
Nila Sari Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Saat ini guru dituntut untuk meningkatkan kompetensi diri agar mutu
Pendidikan seiring dengan perkembangan zaman, oleh karena itu pemilihan
metode pembelajaran yang digunakan haruslah sesuai dengan materi dan
karakteristik siswa, sehingga hasil pembelajaran bisa meningkat. Peningkatan
hasil belajar siswa dipengaruhi banyak factor, selain metode pembelajaran yang
sesuai, motivasi belajar juga berperan penting dalam proses belajar, sehingga
proses pembelajaran selain meningkatkan hasil belajar, juga menyenangkan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa,
khususnya pada mata pelajaran IPA pada materi Getaran dan Gelombang juga
untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada kriteria kognitif.
Penelitian ini menggunakan metode Mixed Methode Dimana desain yang
digunakan adalah desain penelitian terintegrasi atau embedded design,
Embeded desain merupakan desain penelitian campuran baik kualitatif maupun
kuantitatif, Dimana pengampilan data diambil secara bersamaan. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 MTs Muhammadiyah Al
Manar. Analisis Data menggunakan Data Observasi dan wawancara dan
Deskripsi Frekuensi serta Wilcoxon-test.
Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan melalui pendekatan STEAM pada materi Getaran dan
Gelombang melalui angket menunjukkan peningkatan motivasi sains pada
siswa MTs Muhammadiyah Al Manar, meskipun tidak begitu signifikan, namun
berdasarkan hasil observasi dan wawancara pembelajaran IPA melalui STEAM
menunjukkan peningkatan motivasi sains. Pembelajaran melalui pendekatan
STEAM pada materi Getaran dan Gelombang berdasarkan hasil pre test dan
post test ternyata menunjukkan peningkatkan hasil belajar yang cukup
signifikan pada siswa MTs Muhammadiyah Al Manar
Kata kunci : STEAM, hasil belajar kognitif, motivasi sains
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:28 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4394 |