ANALISIS ANIMASI UPIN DAN IPIN “KOYAK TASBIH OPAH” DALAM MENANAMKAN KARAKTER SISWA KELAS III SD N MINTOMULYO

ISTIQOMAH, NUR ITA (2024) ANALISIS ANIMASI UPIN DAN IPIN “KOYAK TASBIH OPAH” DALAM MENANAMKAN KARAKTER SISWA KELAS III SD N MINTOMULYO. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of File Skripsi_Nur Ita Istiqomah_20120187.pdf] Text
File Skripsi_Nur Ita Istiqomah_20120187.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

NUR ITA ISTIQOMAH. NPM 20120187. “Analisis Animasi Upin dan Ipin
“Koyak Tasbih Opah” Dalam Menanamkan Karakter Siswa Kelas III SD N
Mintomulyo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah banyaknya paparan
dari media seperti televisi, game, internet, maupun sosial media yang
mempengaruhi perkembangan karakter anak baik itu positif maupun negatif.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas III serta observasi dengan
beberapa siswa kelas III, masih terdapat siswa yang belum mencerminkan karakter
baik seperti suka mengolok – olok, pilih – pilih teman dan berkata yang tidak
pantas. Dari permasalahan tersebut diperlukan adanya media sebagai penanaman
karakter salah satunya animasi kartun. Tetapi tidak semua animasi kartun sesuai
untuk anak, sehingga diperlukan analisis konten terkait isi dari animasi tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai – nilai karakter yang
terdapat dalam animasi Upin dan Ipin episode “Koyak Tasbih Opah” dan
mengetahui animasi tersebut dalam menanamkan karakter siswa kelas III SD N
Mintomulyo.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Untuk
pengumpulan datanya melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi.
Observasi dilakukan dengan menonton animasi Upin dan Ipin episode “Koyak
Tasbih Opah”, angket dan wawancara dilakukan dengan guru kelas III serta siswa
kelas III SD Negeri Mintomulyo Juwana Pati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam animasi Upin dan Ipin episode
“Koyak Tasbih Opah” terdapat sepuluh nilai karakter yaitu karakter jujur, kreatif,
rasa ingin tahu, religius, bersahabat dan komunikatif, peduli lingkungan, toleransi,
tanggung jawab, kerja keras dan disiplin. Animasi tersebut dalam menanamkan
karakter siswa kelas III didapat melalui perilaku, sikap, maupun perkataan tokoh,
serta alur cerita dalam animasi tersebut yang memuat nilai – nilai karakter baik
ketika siswa kelas III menonton tayangan tersebut. Nilai – nilai karakter tersebut
dapat ditanamkan pada siswa kelas III agar karakter mereka menjadi ke arah yang
lebih baik.
Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat disampaikan yaitu animasi
Upin dan Ipin sangat sesuai untuk dijadikan tontonan anak – anak setiap hari, karena
sifatnya menghibur serta mendidik karena banyak memuat nilai karakter. Guru SD
Negeri Mintomulyo dapat menjadikan animasi Upin dan Ipin episode “Koyak
Tasbih Opah” sebagai media penanaman karakter untuk siswa disekolah.
Kata Kunci : Animasi Kartun, Nilai Karakter, Penanaman Karakte

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:22
Last Modified: 04 Sep 2024 07:22
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4392

Actions (login required)

View Item
View Item