KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITI

Fitriyani, Eka (2024) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of EKA FITRIYANI (17310032) (1).pdf] Text
EKA FITRIYANI (17310032) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kamampuan penalaran
matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya kognitif.
Berdasarkan tujuan tersebut penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif.
Pengambilan data dilakukan pada siswa kelas X di SMA Muhammadiyah
Tawangharjo yang dipilih dengan purposive sampling. Subyek yang dipilih dalam
penelitian ini yaitu 4 siwa, yang terdiri dari 2 siswa yang bergaya kognitif reflektif
dan 2 siswa yang bergaya kognitif impulsif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu MFFT, tes kemampuan penalaran, wawancara serta dilengkapi
dengan dokumentasi.. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction,
Data Display,dan Verivication. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu mengajukan dugaan, melakukan manipulasi matematika, menyusun bukti,
memberikan alasan atau bukti terhadap beberapa soal, memeriksa kesahihan dari
pernyataan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif
reflektif mampu menguasai empat indikator penalaran sedangkan siswa bergaya
kognitif impulsif belum mampu menguasai lima indikator penalaran.
Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, soal cerita, gaya kognitif reflektif
dan impulsif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:09
Last Modified: 04 Sep 2024 06:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4366

Actions (login required)

View Item
View Item