PENGEMBANGAN DESAIN PERMAINAN BERBASIS ADVENTURE EDUCATION DALAM KEMAMPUAN MOTORIK KELAS II SEKOLAH DASAR

Agustina, Diana Ellisa Putri (2024) PENGEMBANGAN DESAIN PERMAINAN BERBASIS ADVENTURE EDUCATION DALAM KEMAMPUAN MOTORIK KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of DIANA ELLISA PUTRI AGUSTINA.pdf] Text
DIANA ELLISA PUTRI AGUSTINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diana Ellisa Putri Agustina, NPM. “Pengembangan Desain Permainan Berbasis
Adventure Education dalam Kemampuan Motorik Kelas II Sekolah Dasar.”
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
kemampuan motorik siswa dan belum adanya inovasi dalam pembelajaran PJOK
pada SD Negeri 5 Meteseh. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah
pengembangan
desain permainan berbasis
Adventure Education
dalam
kemampuan motorik kelas II sekolah dasar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah pengembangan
desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik fase
A Kelas II sekolah dasar valid?, 2) Apakah pengembangan desain permainan
berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik fase A Kelas II sekolah
dasar praktis?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan
pengembangan desain permainan berbasis
Adventure Education
dalam
kemampuan motorik fase A Kelas II sekolah dasar, 2) Untuk mengetahui
kepraktisan pengembangan desain permainan berbasis Adventure Education
dalam kemampuan motorik fase A Kelas II sekolah dasar.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan
ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implemetation, Evaluation). Produk yang
dihasilkan adalah desain permainan berbasis Adventure Education dalam
kemampuan motorik yang sudah diimplementasikan pada siswa fase A Kelas II
SD Negeri 5 Meteseh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain permainan berbasis Adventure
Education tersebut mendapatkan hasil penilaian yang diperoleh dari ahli model
permainan sebesar 95,76% dengan kriteria “Sangat Layak”, sedangkan dari hasil
penilaian yang diperoleh dari ahli materi sebesar 84,67% dengan kriteria “Sangat
Layak”. Hasil angket kepraktisan hasil angket tanggapan guru PJOK memeroleh
persentase skor “89,23%” dengan kriteria “Sangat Praktis”.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan
desain permainan berbasis Adventure Education dalam kemampuan motorik fase
A Kelas II sekolah dasar valid, layak dan praktis digunakan. Adapun saran yang
dapat disampaikan adalah desain permainan ini dapat digunakan sebagai salah
satu inovasi guru dalam meningkatkan kemampuan motorik siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:13
Last Modified: 04 Sep 2024 04:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4354

Actions (login required)

View Item
View Item