RAMADHANI, BERNADIN ANINDYA (2024) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KESEHATAN MENTAL PADA SISWA KELAS XII DI SMA N 1 BOJA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Bernadin Anindya Ramadhani_20110086_compressed - bernadin ramadhani.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
BERNADIN ANINDYA RAMADHANI, NPM 20110086 “Keefektifan Layanan
Bimbingan Klasikal Teknik Project Based Learning Untuk Meningkatkan
Literasi Kesehatan Mental Pada Siswa Kelas XII Di SMA N 1 Boja” Skripsi.
Program Studi Pendidikan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2024. Dosen pembimbing 1 Dra. Tri Suyati, M.Pd.
dan Dosen Pembimbing 2 Dr. Venty, S.Ag., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi mengenai banyaknya
kasus tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh remaja dan disebabkan oleh
gangguan kesehatan mental. Realita dilapangan dari hasil AKPD yang dilakukan
di SMA N 1 Boja didapati hasil sebanyak 236 siswa (75%) memiliki
pengetahuan yang rendah mengenai mental disorder dan permasalahannya,
sebanyak 234 (71%) siswa memiliki ketrampilan yang kurang dalam
mengendalikan emosi yang dialami. Penelitian ini memiliki tujuan untuk
mengetahui keeektifan layanan bimbingan klasikal teknik project based learning
untuk meningkatkan literasi kesehatan mental pada siswa kelas XII di SMA N 1
Boja. Literasi kesehatan mental merupakan pengetahuan serta keyakinan
terhadap adanya gangguan kesehatan mental termasuk pengetahuan mengenai
strategi yang efektif dalam menangani masalah psikis ringan sehingga mampu
menolong diri sendiri maupun orang sekitar. Literasi kesehatan mental penting
untuk diberikan karena mampu mencegah remaja mengalami gangguan mental
yang mengakibatkan terjadinya tindakan bunuh diri. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitaif pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan
menggunakan teknik cluster random sampling dengan 70 siswa dari 315
populasi. Uji validitas menggunakan bantuan SPSS versi 25 uji korelasi dengan
product moment. Jumlah Item pernyataan terdiri dari 40 butir, yang kemudian
diuji cobakan kepada 30 responden menghasilkan item valid sejumlah 22 butir
dan item yang tidak valid sejumlah 18 butir. Teknik analisis data menggunakan
hipotesis N-Gain, dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian
membuktikan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan siswa di SMA N 1 Boja,
dibuktikan dengan hasil uji hipotesis N-Gain diperoleh hasil perhitungan 64,7%
ternasuk dalam kategori cukup efektif. Dan uji independent sample t-test
diperoleh hasil hitung Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 hal tersebut menunjukan
bahwa Ha diterima yaitu “Layanan bimbingan klasikal teknik project based
learning efektif untuk meningkatkan literasi kesehatan mental siswa kelas XII di
SMA N 1 Boja”
Kata kunci: Layanan Bimbingan Klasikal, Project Based Learning, Literasi
Kesehatan Mental
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 03:33 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4346 |