HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SEMI BOARDING SMK NEGERI 1 DEMAK

HABIBAH, ATA SHOFIYA RINI (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA SEMI BOARDING SMK NEGERI 1 DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Ata Shofiya Rini Habibah_20110071-1 - Ata Shofiya.pdf] Text
Ata Shofiya Rini Habibah_20110071-1 - Ata Shofiya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ata Shofiya Rini Habibah. NPM 20110071: “Hubungan Kecerdasan
Emosi Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Semi Boarding SMK Negeri 1
Demak” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2024. Dosen Pembimbing I: Dr. Dini
Rakhmawati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Agus Setiawan, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa semi boarding yang kurang
maksimal dalam mengembangkan pengendalian emosi dan kemampuan
interpersonal. Hal tersebut disebabkan karena siswa kurang mampu mengontrol
emosi dalam diri dan kurang mampu dalam mencapai hasil belajar.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian ex post
facto dengan pendekatan korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian
ini adalah siswa asrama semi boarding kelas X, XI, dan XII dengan jumlah siswa
sebanyak 60 siswa. Sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Data
penelitian ini diperoleh melalui skala kecerdasan emosi dan skala komunikasi
interpersonal.
Hasil analisis korelasi antara kecerdasan emosi dengan komunikasi
interpersonal ialah ada hubungan kecerdasan emosi dengan komunikasi
interpersonal perhitungan nilai r hitung (Pearson Correlation) sebesar 0,836 yang
lebih besar daripada r tabel sebesar 0,361 maka hipotesis nihil Ho diterima maka
“Ada hubungan kecerdasan emosi dengan komunikasi interpersonal siswa semi
boarding SMK Negeri 1 Demak”.
Berdasarkan dari penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah Guru
BK dan Bapak/Ibu Asrama diharapkan dapat berkolaborasi untuk membantu siswa
meningkatkan kecerdasan emosional dan kemampuan interpersonal mereka melalui
berbagai program, layanan bimbingan konseling, dan kegiatan di asrama. Dengan
cara ini, siswa diharapkan bisa lebih baik dalam mengontrol emosi, meningkatkan
komunikasi, dan diarahkan ke arah yang lebih positif.
Kata Kunci: kecerdasan emosi, komunikasi interpersonal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:52
Last Modified: 04 Sep 2024 02:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item
View Item