SHELSIYANTI, SHELSIYANTI (2024) HUBUNGAN KETERBUKAAN DIRI (SELF DISCLOSURE) KEPADA ORANG TUA DENGANkKETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGAWEN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
SHELSIYANTI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
SHELSIYANTI. NPM 20110033. “Hubungan Keterbukaan Diri (Self
Disclosure)Kepada Orang Tua Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Karangawen”. Skripsi Program Studi Bimbingan
dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2024.
Pembimbing I Dr.Suhendri,S.Pd.,M.Pd.,Kons. Pembimbing II Dr.Venty,
S.Ag.,M.Pd
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah tingkat keterbukaan
antara siswa dan orang tua umumnya berada pada tingkat rendah banyak siswa
yang tidak terbuka dengan orang tua ketika mengalami sebuah permasalahan,
terutama saat membicarakan soal pacar atau teman dekat lawan jenis.
Keterbukaan diri (self-disclosure) merupakan jenis komunikasi yang digunakan
oleh individu untuk mengungkapkan informasi tentang dirinya sendiri yang
biasanya disembunyikan.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
keterbukaan diri (self disclosure) kepada orang tua dengan keterampilan
komunikasi interpersonal. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah
kuantitiatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VIII I SMP Negeri 2 Karangawen sejumlah 116 siswa. Dalam
penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling sehingga jumlah
sampel diketahui sebesar 58 siswa.
Berdasarkan uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai r hitung
sebesar 0,700, sedangkan r table untuk jumlah sampel 58 adalah 0,254. Oleh
karena itu 0,700 > 0,254 maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan
antara keterbukaan diri (self disclosure) kepada orang tua dengan keterampilan
komunikasi interpersonal siswa kelasVIII SMP N 2 Karangawen. Hubungan
positif tersebut memiliki arti bahwa jika keterbukaan diri (self disclosure) kepada
orang tua tinggi maka keterampilan komunikasi interpersonal tinggi. Hasil
pengujian ditemukan bahwa terdapat hubungan keterbukaan diri (self disclosure)
dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP N 2
Karangawen.Oleh karena itu, penting bagi siswa, guru maupun orang tua untuk
selalu memiliki sifat keterbukaan diri agar komunikasi khususnya komunikasi
interpersonal dapat meningkat dan berdampak positif bagi siswa maupun orang
tua.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah pada
penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan dengan lebih lanjut ke
arah yang lebih luas lagi dengan memberikan treatment dan diberikan perlakukan.
Kata kunci : Keterbukaan diri (self disclosure) kepada orang tua, keterampilan
komunikasi interpersonal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 03:30 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4225 |