Febriyanti, Bella Putri Ayu (2024) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA SMP DENGAN GAYA BELAJAR AUDITORI DAN VISUAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS MATERI TEOREMA PHYTAGORAS. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Bella Putri Ayu Febriyanti.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengetahui dimana letak kesulitan
belajar siswa SMP dengan gaya belajar auditori dan visual dalam mengerjakan soal
HOTS materi Teorema Phytagoras. Penelitian ini merupakan penelitian yang
menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa
SMP dengan gaya belajar auditori dan visual dalam menyelesaikan soal HOTS
materi teorema phytagoras. Kesulitan belajar siswa berbeda-beda sesuai dengan
masing-masing gaya belajar yang dimiliki siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karangawen yang berjumlah 25 siswa. Dalam
kelas tersebut terpilih empat siswa yang diantaranya dua siswa dengan gaya belajar
auditori dan dua siswa dengan gaya belajar visual. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah angket, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik sebagai teknik pemeriksaan
keabsahan data. Berdasarkan analisis data yang diperoleh hasil penelitian sebagai
berikut, yaitu siswa dengan gaya belajar auditori hanya mampu memenuhi satu
indikator dan siswa dengan gaya belajar visual secara keseluruhan dapat memenuhi
semua indikator. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa dengan gaya
belajar auditori lebih banyak mengalami kesulitan belajar dibandingan siswa
dengan gaya belajar visual.
Kata Kunci : Kesulitan Belajar Siswa, Gaya Belajar Auditori dan Visual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 02:38 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 02:38 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4202 |