UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG LISTRIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS VI SDN 2 TLOGOREJOGUWO, KECAMATAN KALIGESING, KABUPATEN PURWOREJ0

SURYANI, ANY (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG LISTRIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS VI SDN 2 TLOGOREJOGUWO, KECAMATAN KALIGESING, KABUPATEN PURWOREJ0. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANY SURYANI.pdf] Text
ANY SURYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ANY SURYANI. NPM 22126021. “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa
Tentang Listrik Melalui Pembelajaran Group Investigation di Kelas VI SDN 2
Tlogorejoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong peneliti ini adalah rendahnya hasil
belajar IPA. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam
mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa. Permasalahan dalam penelitian
ini adalah 1) Apakah model pembelajaran Group Investigasion efektif terhadap
motivasi belajar?. 2) Apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan
menerapkan Group Investigasion. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini untuk mengetahui keefetifan model pembelajaran Group Ivestigasion pada
listrik melalui group investigasi di SDN 2 Tlogorejoguwo, Kecamatan
Kaligesing, Kabupaten Purworejo dilihat dari ketuntasan belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi siswa SDN 2
Tlogorejoguwo tahun Pelajaran 2023/ 2024 adalah 15 siswa kelas VI dengan
menggunakan group investigasion. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
tes, dokumentasi, observasi.
Hasil dari observasi motifasi siswa menunjukkan peningkatan dari hasil
nilai dibawah 50 terdapat 20 %, hasil nilai diantara 51 sampai 75 terdapat 33,3%
dan hasil nilai diatas 75 terdapat 46,7% dengan menggunakan model
pembelajaran group investigasi hasil siswa berubah menjadi nilai dibawah 50
terdapat 0%, hasil nilai diantara 51 sampai 75 terdapat 13,3% dan hasil nilai
diatas 75 terdapat 86,7 %.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya model pembelajaran group investigasi dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:18
Last Modified: 07 Aug 2024 02:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4165

Actions (login required)

View Item
View Item